'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'-'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'

.:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:.

Mencoba Mengumpulkan Yang Terserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna,” Pramoedya Ananta Toer

 
Wilujeung Sumping Di Blog Alakadarna. Mangga Baraya Tiasa Nyerat, Nafsirkeun, Ngomentaran Dugikeun Milarian Jati Diri Sewang-Sewangan.
Bubuka Sajak Babaledogan Coretan Forum Sawala
Milarian Nyalira Wae

Kokolot Urang
Orhanisasi Baraya
Ormas Alot
Rerencangan
Tempat Nyiar Elmu
Tempat Curhat Abdi
Noong Warta
Ngintip Warta
Kaping Sabaraha Yeuh
Ngintip Baraya
free web counter
free web counter
Kampanye



KabarIndonesia



Kitab (19)
Tuesday, November 13, 2007
Islam itu Egaliter
Oleh Ibn Ghifarie

‘Islam itu agama egaliter dan Allah tidak akan membiarkan ketidakadilan atas umatnya. Inilah keadilan Tuhan,’ kata Nina Nurmala Ph.D dalam acara Kuliah Terbuka bertajug ‘Konsep Keadilan Gender Perspektif Islam’ yang digelar oleh Women Studies Center (WSC) UIN SGD Bandung di Aula Student Center (SC), kamis (08/11).

Salah satu bukti keadilan Tuhan ‘Allah tidak akan membeda-bedakan derajat hambanya kecuali taqwanya,’ katanya.

Di ayat lain menjelaskan, misalnya dalam proses penciptaan manusia berawal dari satu ummatan wahidatan (Q.S Aninisa;01). ‘Inilah bukti tidak adanya perbedaan dalam penciptaan manusia, keluali asfek biologis semata’ tambahnya.

Menyoal pembuatan Siti Hawa dari tulang rusuk Adam yang bengkok, Ia menuturkan kuatnya pengaruh dongeng-dongeng Israiliat, agama Yahudi, dan Kristen sehingga menjadikan peciptaan Hawa dari tulang rusuk.

Selain itu, metode penafsiran yang sering dipakainya itu memakai cara ‘comotisme’ comot ayat sana, comot ayat sini, hingga seenak gue dalam menapsirkan. ‘Nah, disinilah perlunya tafsir infiltisme—meminjam istilah Fazlur Rahman yang menyeluruh. Bukan sepotong-potong,’ jelasnya.

Untuk kata Arijal dalam ayat ‘Arijalu Kowamuna Ala Nisa’ selama ini yang kita dapatkan ‘Laki-laki adalah pemimpin dari wanita. Padahal maknanya bukan semata-mata laki-laki saja, melainkan orang yang ahli dan berwawasan luas—meninjam penafsiran Nasarudin Umar.

Coba bandingkan dengan kata dzakar. Nah ini baru aspek genetic, tegasnya.

Senada dengan Nina. Brevo Presma BEM J (Badan Eksekutive Mahasiswa Jurusan) Sosiologi Agama berkata ‘Saya sangat setuju sekali dengan pendapat narasumber dalam hal penciptaan Adam-Hawa, yang memerlukan penafsiran ulang dan tidak ada yang membedakan kedudukan hamba kecuali taqwa,’ paparnya.

Namun, yang menjadi pesoalan ‘Jika memang perempuan ingin mendapatkan hak yang sama dalam bidang apa pun, kenapa tidak ada Nabi seorang perempuan?, tutupnya.

Memang sangat diperlukan penafsiran yang holistik (menyeluruh-red) dalam menafsirkan ayat demi ayat, tapi persoalanya pengaruh budaya, social sangat menantukan. Lihat penafsiran Tuhan yang identik maskulin. Yakni memakai hua (lak-laki), kata Siti aktivis WSC.

Berbeda dengan Faisal, aktivis HIMA Persis (Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam) berucap ‘Justru karena perempuan sering memposisikan kedua, maka sangatlah wajar bila wanita diidentikan lemah. Begitupun dalam menafsirkan ayat-ayat yang sarat laki-laki,’ ujarnya.

Coba kalau tidak mempunyai keahlian dan berwawasan tinggi. ‘Tentunya tidak akan terjadi pemahaman miring tersebut,’ harapnya. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Aula Studen Center, 08/11/07;12.38 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 11/13/2007 04:56:00 PM   0 comments
Kitab (18)
Dialogkanlah
Oleh Ibn Ghifarie

‘Dialogkanlah antarumat beragama dan tumbuh kembangkan sikap toleran dalam menyikapi perbedaan yang ada. Termasuk maraknya alira-aliran yang dianggap sesat oleh kelompok tertentu, cara jitu yang ditawarkan oleh Ida Bagus Ray Adyana, ketua bidang Pendidikan Parsada Hindu Kota Bandung dalam acara Dialog Antaragama di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa Se-Jawa Barat bertajuk ‘Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Antar Umat Beragama Menuju Kesusksesan dan Kedewasaan Hidup’ yang diadakan oleh BEMJ (Badan Eksekutive Mahasiswa Jurusan) Perbandingan Agama Fakultas Ushuluddin di Auditorium UIN SGD Bandung, selasa (06/11)

Maraknya aliran-aliran ganjil yang merasuki kalangan muda bermula dari bobroknya system pendidikan kita demikian ungkap Edy Putranto, dosen Universitas Katolik Parahyangan dan wakil Gereja Mahasiswa (GEMA) Katolik, pendikikan sekarang ada kecenderungan untuk meninggalkan aspek-aspek spiritualitas dan hanya mengedepankan kemapanan lembaga agama.

Pendidikan agama hanya sekadar doktrin semata. Sudah tentu, menjadikan pemahaman yang sempit dan kaku,’ paparnya.

Nah, sikap toleran dan sering diadakan ruang-ruang dialog sangat diperlukan dalam menimimasilir terjadinya konflik yang berkepanjangan, tambahnya.

Lemahnya kepemimpinan dan tak ada figur menjadikan kaum intelek ikut membidani sekaligus menumbuhkembangkan pemahan berbeda tersebut bagi Abdul Rozak, mantan Dekan Ushuluddien menjelaskan ‘Justru karena tidak ada sosok pemimpin yang di idola, dan para pemuka agama sibuk dengan urusan pribadinya, pemahaman ini cepat berkembang,’ katanya.

Berdeda dengan Rozak, Suwarno M Sered, Direksi Head Of Coreforate Djarum Super nunuturkan, lebih pada cara menghormati perbedaan yang ada. Bukan mempersoalkannya.
Sejatinya keragaman dan toleransi merupakan modal utama yang harus dikembangkan dalam memperbaiki peradaban bangsa Indonesia ini supaya tercipta individu dan masyarakat yang mimiliki tanggungjawab dan masa depan lebih baik, tandasnya.

Hadir pula dalam acara itu, Agung Nogroho (Wakil Gereja Ilmupengetahuan Jakarta); Js Sukojo S Bambang, ST (Wakil Majelis Agama konghucu Indonesia). [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Auditorium,06/11/07;12.56 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 11/13/2007 04:52:00 PM   0 comments
Kitab (17)
Thursday, November 08, 2007
Agregator; Komunitas Blogger Garut
Oleh Ibn Ghifarie

Maraknya kumpulan blogger, seperti Angin Mammiri dari Makassar, Loempia dari Semarang, Bandung Blog Village dari Bandung, Ranah Minang dari Padang, Angkringan dan Cah Andong dari Yogyakarta, Tukang Lenong dari Jakarta, Komunitas Blogger Muslim, Blogfam, Merdeka, Multiply Indonesia, IdGmail!, bahkan dari Kuala Lumpur (Malaysia).

Demi menciptakan iklim nge-blog yang positif di Indonesia, beberapa inisiator pun mencuatkan ide untuk menggelar pertemuan blogger berskala nasional. Jadilah acara “Pesta Blogger 2007” yang digelar di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (27/10), dengan mengangkat tema “Suara Baru Indonesia”.

Adalah Enda Nasution, Nasional Budi Putra, Fatih Syuhud, Lita Mariana, Nukman Luthfie, Priyadi Nurcahyo, Ratna Ariyanti (Atta), Wicaksono, Wimar Witoelar, dan Yosef Ardi.

27 Oktober, Hari Blogger Nasional
Pesta Blogger 2007 berbuah Hari Blogger Nasonal yang diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh tanpa basa-basi mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Momentumnya dibuat seiring Pesta Blogger 2007.

Hal itu dicetuskannya saat memberikan sambutan dalam Pesta Blogger 2007 (PB2007), sebuah acara gathering blogger nasional yang diadakan di Blitz Megaplex, Jakarta, Sabtu (27/10/2007). “Hari ini saya nyatakan sebagai Hari Blogger Nasional!” tukasnya disambut tepuk tangan meriah para penulis blog.

“Momentumnya sangat tepat untuk mendeklarasikan hari ini sebagai hari blogger nasional. Sebelumnya hal ini belum direncanakan sama sekali,” ujarnya kepada wartawan setelah memberi sambutan.

Agregator; Komunitas Blogger Garut
Tak mau ketinggalan Kota Garut pun membentuk komunitas Blogger bernama Agregator. Meski kata Tozie salah seorang pendiri Blog Garut menuturkan ‘Ide pembentuka ini sudah lama hadir dalam benak kami, tapi karena satu dan lain hal jadi terbengkalai’

Sebelum terjadinya pertemuan Blogger Nasional kami telah membuat komunitas, tapi belum terdaptar di Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). ‘Baru setelah bekerja ekstra dengan Dede Kurniadi. Akhirnya dapat domain, jelasnya.

Lain lagi ceritanya dengan Cukong –sapaan akrab Dede Kurniadi menjelaskan ‘terus terang ide ini memang telah saya rencanakan bersama teman-teman Blogger yang berasal dari Kabupaten Garut dengan tujuan untuk mengikat tali silaturahmi antar sesama warga Blogger yang berasal dari daerah kabupaten Garut, dan diharapkan dengan adanya komunitas Blogger Garut, warga Garut tidak Melek IT (khususnya Nge-Blog).

Disamping itu kita berharap keberadaan dari komunitas Blogger Garut ini bisa di terima di kalangan para Blogger Indonesia yang beberapa waktu yang lalu telah melakukan pertemuan di PestaBlogger 2007.

Sebelumnya tepatnya tanggal 26 Juli 2007, kita juga telah melakukan kampanya Blogger Garut bersama teman-teman yang berasal dari Garut dengan sosialisasi pertama kali dibantu oleh rekan saya Yoga, Arai dan pihak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, dengan memasang pita bloggergarut di blognya masing-masing dengan backlink sementara ke Blog ini, tambahnya.

Pasca pengapprovean oleh Pihak Pandi beralamat www.bloggergarut.or.id Tentu setelah melengkapi persyaratan Akta Notaris dan lainya.

Penggunaan domain Indonesia lebih menitik beratkan pada kecintaan produk Indonesia. ‘Saya sengaja untuk domainnya lebih menggunakan domain indonesia, karena untuk lebih mencerminkan bahwa Blogger Garut cinta produk Indonesia’, katanya

Nah, sekarang tinggal melakukan pembayaran saja, sedangkan untuk hosting kebetulan saya mempunyai bisnis hosting kecil-kecilan sehingga saya menyediakan khusus untuk komunitas ini, adapun untuk biayanya pun sementara untuk awal, saya tanggung dengan merogoh kocek sendiri demi terbentuknya komunitas ini, paparnya.

Fasilitas; Forum Diskusi dan Badge
Menyaol menu yang akan disediakan para penggags Blogger Garut memaparkan, Pertama, fasilitas forum diskusi untuk lebih mnegikatkan tali silaturahmi. Kedua, Badge Blogger Garut. Namun, bila ada ide lain komunitas ini silahkan ajukan sebelum di luncurkan, tegasnya.

19 Anggota Forum dan 15 Kontributor
Kendati Komunitas Agregator masih alakadarnya. Semenjak di publis (04/11) hingga sekarang (08/11) terdapat lebih dari 10 anggota forum dan kontibutor.

Adalah 19 jumlah anggota forum; Admin, Ibnu, Mang_otong, Kopitozie, Supono, vodkarijoeana, Gibson, Zarin, Aci, Domo, PAW256, Garesel_club, Cha256, Purwasila, Fredistwn, Agung, Erladhi, Nos dan Qlsincorpgarsel.

15 Kontributor; Arai, BUdiman, Widaningsih, Supono, Ibn Ghifarie, Mang Otang, Nos, Frank Garsel, Achie Loetjoe, Tozie, Mumuy BPPT, Dede Kurniadi, Nandar Faiz, Domo, Givarian.

Sejatinya mempunya blog bila ingin gabung bersama Agregator; Komunitas Blogger Indonesia. Hidup Blogger Garut. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Komputer Ngeheng, 05/11/07;21.25 wib dan 08/11;22.42 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 11/08/2007 04:32:00 PM   0 comments
Kitab (16)
Kopdaar Bareng Cukong; Admin Forum
Oleh Ibn Ghifarie

Setelah berkali-kali janjian ketemuan dengan Dede Kurniaadi sang empu blog Never Stop Thinking !!! sekaligus penggagas Blogger Garut. Mulai dari Warnet P@W sampai ke Amik Garut.

Sesuai dengan kesepakatan aku ketemu Cukung di P@W ba’da dzuhur. Tanpa bemberikan pesan singkat ke Tozie aku mulai meluncur ke sana. Apa yang terjadi Yoga lagi asyik browsing dan cari data-data katanya. Maaf lama. Aku harus mandi dulu ya, katanya.

Waduh punteunnya abdi kedah ka Cipanas deui yeuh, kumargi aya tamu, tambahnya.
Sambil menungu kedatangan Dede tak henti-hentinya ku layangkan pesan singkat dan sesekali ku telfon, tapi tetap tak ada jawaban.

Selang 2 jam berlalau, tiba-tiba HPku berbunyi peratnd ada pesan ‘Antsan sakeudap. Abdi nuju ngadamik. Pami tiasa mah tos ka Amik wae, tulis Cukung.

‘Muhun. Wios abdi kadinya ayeuna’, jawabku.

Setibanya di gerbang Amik. Ku kabarkan aku sudah berada di Gedung B. “Kang palih mana? Abdi aya di ruangan B.

‘Gedung D lantai 2. di Perpustakaan,’ jawabnya.

Tanpa panjang lebar ku langkahkan kali ini sambil bertanya pada orang-orang disekira ruangan B. ‘Oh bade ka Amik. Kaalih leubet atuh, jawab pria berbadan tegap.

Walhasil, ketemu juga dengan Kang Dede. Obrolan pun mulai dibicarakan; soal Kopdar, Blog Garut, Forum Diskusi sampai kerjabareng domain dan hosting.

Uniknya saat membincang The Agregator Blogger Garut Community yang sudah online sekonyong-koyong Cukong menobatkan aku menjadi Admi pada kolom Forum Diskusi Garut. Sedikit tercengang dan tak bisa berkata-kata saat penuntukan itu kecuali anggukan kepala sambil berkata ‘Nya eta oge pami dipercanten, cetusku.

Semenjak itulah aku mengelola Forum Diskusi. Meski masih alakadarnya. Hidup Blogger Garut. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Perpustakaan Amik, 04/11/07;15.56 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 11/08/2007 02:02:00 PM   0 comments
Kitab (15)
Kopdar Bareng Tozie; Tunda Keinginan Lagi
oleh Ibn Ghifarie

Adalah Yoga sang pemilik blog KopiTozie sekaligus penggagas Blogger Garut bersama Dede Kurniadi. Setiap kita ngobrol via chat selalu terungkap pertanyaan ‘Nuju di Garut sanes?’

‘Sanes abdi masih di Bandung’, jawabku.
‘Pokoknamah engke pami aya di garut pasti di sms’, tambahku.

Selang beberapa hari dan tiba waktunya untuk mudik ke kampong halaman karena orang tua sudah berapa kali meberikan kabar kapan pulang?

Kala itu, aku sudah di Kota Dodol. Setelah ngelancong kesana kemari menemui kawan-kawan lamaku. Aku teringat perjanjian tak tertulis antara aku dan Tozie. Tanpa basa-basi ku kirimkan pesan singkat. Namun, apa yang tejadi malah gagal. Tanpa panjang lemar ku cari-cari Warnet, tapi kata temenku ‘Geuslah milu jeung urang wae ka kampus (Uniga-red) ngarah bisa gratisan’ katanya

Anggap wae mahasiswa Uniga. Soalna jarang aya anu make eta internet teh, jelasnya.

Tanpa komando berangkatlah kami berdua ke Universitas itu. Benar saja, tak ada yang antri dan aku langsung browsing beserta buka-buka blog. Pertama yng kubuka blognya Tozie sekaligus memberi pesan ‘Kang abdi ayeuna nuju aya di Garut; Simpang Lima. Tiasa mendakan dimana? Naha HPna hese dihubungi? Haturnuhun.

Selang beberapa jam jawaban ada di kolom ‘Isi Wae Baraya’ tozie: Kook HP nya g bisa dihubungi sama ..... (5 Oct 07, 15:05) tozie: Bbrp kali saya tlp g nyambung2 bro hp saya emang ganti kalo ke garut tlp ke 2245550 aja ya dekeet simlim warnet PAW.

Memang aku tak tau ada jawaban darinya karena sudah pulang ke Kandangwesi. Iktiar ketemuan pun harus rela kita tunda dalam waktu tak pasti.

Setelah lebaran tiba dan saatnya aku pulang ke Kampus untuk menunaikan satu pekerjaan yang belum selesai. Sebelum pergi langsung ke Bandung, biasanya aku kampir dulu di Simpang Lma Garut—sekedar rehat dan bersilaturahmi kepada temen-temen lamaku.

Kumpul bareng rekan-rekanku terjadi. Sambil bertukar pengalama dan informasi yang menarik di kota Dodol. Tiba-tiba aku ingat Tozie sebaba beberapa kawanku menyebutkan Wakca. Dulu kita pernah ketemuan di Radio Wakca bila aku sudah di Garut. Kebetulah dari sekian banyak temnku ada yang kenal sama Tozie alias Yoga.

‘Leud, Kang Yoga P@W sanes’, tanya temenku.
‘Nya panginteun. Soalna tadi aya sms ti Kang Dede ‘Tos pependak sareng kang Yoga ayan?, tulisnya. Pami bade menakanmah ka Warnet P@W wae caket radio NCB Simpang Lima, kataku.
‘Hayu atauh urang kaditu’, ajaku.

Walhasil, ketemulah dengan Tozie. Setelah menunggu hamper 15 menit di Warnet. Perbincangan pun mulai dimulai. Tentunya, sekira Blogger Garut; Kopdar, Halal Bihalal dan pembuatan Website resmi Blog Garut.

Soal Kopdar sekaligus Halal bihalal betum pasti. Namun, aktu kemarin ngunpul hanya membicarakan sepurat blog saja. Berkenaan dengan Web, cukung—sebutan Kang Dede yang lebih tau dan Ia berjanji 2 hali lagi akan di publiskan, kata Yoga.

Sekali lagi, ikhtiar membudayakan Blog harus di tunda lagi. Di seberang jalan sayup=sayup terdengar suara ‘Murothal’ peranda sebentar lagi waktu jumatan akan tiba. Uih heulanya Kang, pamitku[Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok P@W, 02/11/07;10.36 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 11/08/2007 02:00:00 PM   0 comments
Kitab (14)
Satu Lagi Keinginan Harus Ditunda
Oleh Ibn Ghifarie

Leud, bener teu si Tedi (mantan Ketum LPIK periode 2006-2007) tulisanan aya di PR (Pikiran Rakyat)? tanya salah satu anggota Post (sebutan alumni--red) LPIK (26/10/07:23.48 wib)

Tentu, saat datang pesan singkat itu, tak ada yang bisa kuperbuat selain berkata ‘Mudah-mudahan benar informasi sekaligus pertanyaan tersebut’ gumanku.

Lagi, aku harus rela menunda kabar gembira itu. Mencari edisi cetaka sudah tak mungin karena telah malam. Online apalagi.

Tak ada cara lain, selain mencatan berita bahagia tersebut. Jujur selaku mantan pengurus sekaligus Koordinator Post merasa bangga dan hanya bisa berucap ‘Selamat dan Berkarya terus kawan’. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Kamara Merah-Biru, 26/10/07;23.56 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 11/08/2007 01:57:00 PM   0 comments
Kitab (13)
Menunda Keinginan
Oleh Ibn Ghifarie

Leud, aya foto Badru (mantan Ketum LPIK periode 2005-2006-red) dina PR (Pikiran Rakyat-red) halaman 32. Rhe, pesan Dede Nurdin, mantan Ketum LPIK (Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman) Bandung periode 2002-2001 (25/10/07;15.23 wib).

Di saat Sang Raja Siang mulai tak menampakan diri lagi dan hamper sebagian besar masyarakat istirahat dari kepenatak berkerja seharian. Semilir angin mulai menyibak dedaunan sekira rumahku. Suara ribut kokok ayam pun mulai menyaingi alunan tembang-tembang lawas Sunda yang didendangkan oleh Stasion Radio Mizan FM, 92,5.

Kala itu, tak banyak yang kuperbuat selain membuat coretan sambil mendengarkan musik pop sunda. Tak jarang harus menunda tulisan karena mata mulai meminta jatah untuk istirahat barang sejenak saja.

Namun, hari itu lain dari biasanya. Rasa kantuk pun tak junjung datang, malah asyik bermain kata-kata sambil sedikit ngedit naskah ‘Oposisi Rice Cooker’.

Tiba-tiba aku dikagetkan dengan suara Handphoneku petanda ada pesan yang masuk. Tanpa basa-basi kubuka pesan singkat itu Leud, aya foto Badru (dina PR (Pikiran Rakyat-red) halaman 32. Rhe.

Tak ayal, pemberitahuan sekaligus ucapan pertanyaan itu menghentakan perasaanku. Betapa tidak, aku sedang terbuai dalam irama Kabogoh Jauh (Karya Darso). Sembari membuka lagi SMS itu tak henti-hentinya berkata ‘Semoga memberikan semangat ekstra kepada pengurus sekarang untuk tetap mempertahankan 4 tradisi LPIK; Membaca, Menulis, Berkarya dan Meneliti.

Namun, apa boleh buat aku tak bisa berbuata banyak saat berita itu tersebar. Sekedar melihat dari edisi cetak Pikiran Rakyat itu rasanya susah, kecuali harus lari ke kantor Kepala Desa atau pergi ke rumah Mantan Lebe (Ketua Kontor Urusan Agama).

Aku kipir tidak perlu mencari kemana-mana karena merepotkan orang lain dan sudah pasti di gedung pejabat itu sudah tak ada orang lagi.

Melihat di edisi online apalagi. Jangankan untuk memasang internet jaraingan telfon saja baru berjalan 1 tahun sambil diikuti masuknya jaringan Telomsel dan XL supaya bisa berkomunikasi via telfon seluler.

Tentu, tak ada cara lain dalam mengobati kegelisahan hati itu selain mendengarkan kabar dari kawan-kawan di Kampus—akrab dengan dunia maya dan edisi cetak—memang Badru masuk di kolom Kampus PR.

Selang beberapa jam dan waktu mulai beranjak menyelimuti kegelapan malam diiringi suara jangkrik. Dan lolngan anjing Tak datong juga berita dari temen-temenku.

Nyatanya, aku harus menunda sejenak kemauan untuk melihat kebenaran kabar kembira tersebut. Pasalnya, keinginan merupakan sumber penderitaan dan adanya dalam pikiran, kata Iwan Fals. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Kamara Merah-Biru, 25/10/07;15.25 dan 22. 25 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 11/08/2007 01:52:00 PM   0 comments
Kitab (12)
Sekedar Catatan Singkat Lebaran
Oleh Ibn Ghifarie

Layaknya orang penting kehadiran Idul Firti (1 Syawal 1428 H) membuat aku kelabakan. Betapa tidak, SMS (Sort Masage Service) yang masuk ke Handphoneku melebihi kapasitas yang ada.

Tentunya, aku mesti menjawab pesan singkat yang masuk itu. Hampir semua tulisan yang masuk diawali dengan ucapan selamat, wilujeng boboran, dan diakhiri dengan doa-doa dan harapan semoga lebih baik dan bermakna dalam mengarungi kehidupan yang pelik ini.

Dinamika Kata-Kata Idul Fitri
Via Blog (1)
Silaturahmi bung, salam lebaran, mohon maaf lahir batin, smoga sehat2 saja dan tetap smangattt :), tulis Aroengbintang
Assalamu'alaikum
kumaha damang?

Taqaballahu minna wa minkum
hapunteun sabudaya kalepatan simkuring.
Wilujeung lebaran hehe, tandas Liez pemilik blog www.liezmaya.web.id
Ass., kamana wae atuh lur...., mani awis tepang ayeuna mah kumaha damang? wilujeng boboran siam, minal aidzin walfaidzin, Candra

Maaf lahir dan Batin ya kang Ghifarie, syukron Alhamdulillah udah Berhasil menunaikan Ibadah kepada-Nya, Arki

met lebaran.. TAQOBALLAHU MINNA WA MINKUM....Dhani

Taqobbalallahu Minna Wa Minkum, Shiyamana wa shiyamakum. Mohon maaf lahir dan batin, Happy eid Mubaraq 1428 H .. Met Lebaran yahhh, Wulan

Selamat Idul Fitri, semoga kita kembali ke fitrah yang suci. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin, artja

Waduh sami-sami, Yi! sakntenan wilujeung boboran, ti bekasi si Akang alhamdulillah siap mudik. Aa Garut
Sekali lagi, kehadiran SMS itu membuat aku kalang-kabut sekaligus pusing, bukan untuk membalasnya melainkan harus mengisi ulang pulsa. Pasalnya, di kampong halamanku tempat pengisian ulang amunisi HP masih jarang, maklum di Lembur—yang aga jauh dari perkotaan Garut.

Melalui Friendster (2)
Taqabalallohu minna waminkum,,semoga amalan kita diterima oleh-Nya n segala dosa-dosa kita diampuni oleh-Nya,,AAAaaaamiiiiiiin, Cepdeni Mahasiswa Falsafah Universitas Paramadian Mulya Jakarta

Ass.
Taqabbalallahu minna wa minkum... wa kullu 'am wa antum bi khair...
met ied ya..., Rofi Muhammad Rizal Ghifarie mahasiswa Tekhnik Indrustri UGM (Universitas Gajah Madja) Jogyakarya sekaligus adeku.

nu..minal aidzin wal faidzin yakh..mohon maaph lahir bathin...mg alway sukses...Teawee, Alumnus Institut Tekhnologi Pertanian (IPB) Bogor

TAQABBALLALLAHU MINNA WA MINKUM
MINAL A'IDIN WAL FAIDZIN

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428H

mohon dibukakan pintu maaf
bila ada khilaf penoreh luka di hati...

semoga dapat bertemu kembali dengan RAMADHAN berikutnya, amin.

-HAJI MUNAWWARAH dan Keluarga- :) Haji, mahasiswa Hukum Universitas Lampung.

Pada Handphone (3)
Selalu kita berdebat dalam perbedaan, tapi jarang kita bertengkar karena ego, hanya sedikit salah selalau menumbuhkan amarah. Kini saatnya mengakhiri semua disertai ucapan ‘TAQABBALLALLAHU MINNA WA MINKUM’ pesan Evey Bendahara Umum Jaringan Islam Kampus (JarIK) Bandung.

Salam berianlah maaf bukakanlah lembara baru, tidakkah kalian ingin Allah mengampuni kalian (Q.S An Nur:22). Simkuring ngucapkeun Boboran Shiam 1428 H. Wasalam, Ahmad Sahidin, editor Majalah MQ

Ramadhan singgah barangkali agar harapan menjadi fitri tak punah. Namun bagaimana kita bersuci diri jika segala laku dan tutur menebar luka di semesta memory? Disanalah barangkali kawan. Maafmu akan dapat sempurnakan perjalanan menuju bersih hati. Che aktivis Women Stidies Center (WSC) Bandung.

Sebening dan sesejuk air wudhu, sesuci al-Quran, semerdu alunan dzikir, seindah shalat 5 waktu, Kami atas nama pengurus LPIK mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 syawal 1428 H. (bersambung)

Bukakanlah Kata Maaf
Memang tak ada ucapan indah, selain kata maaf atas segala kehilafan yang pernak kita perbuat. Terlebih lagi, saat sederetan kata-kata itu mulai menebar sealigus terpatri dalam sanubariku. Entah melalui pesan singkat di HP, FS atau Blog.

Tak ada maksud untuk melupakan temen-temen untuk membalasnya. Namun, apa daya bila semua faslitas media (Jaringan HP—telkomsel dan XL--dan Internet) masih minim di kampong halamnku. Maklum masih desa. Sekedar menjawab ke sesame saja masih sulit. Kalaupun bisa, tentunya harus menyimpan HP pada dataran lebih tinggi.

Melalui catatan kecil ini diharapkan kawan-kawan tak berperasangka buruk bila tak membalas pesan singkatnya atau absent beberapa minggu, hingga 1 bulan lebih dari dunia maya. Selamat Idul Fitri 1 syawal 1428 H. Taqabballallahu Minna Wa Minkum. Minal A'idin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Kamar Merah-Biru, 11/10/07;23.25 wib dan Pojok Kumputer Ngeheng, 06/11/07;22.25 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 11/08/2007 01:49:00 PM   0 comments
Kitab (11)
Wilujeng Boboran Shiam
Ku Boelldzh

Sampurasun...!!
Dulur Salembur, Baraya Sablog...!!
Taqobalallahu Minna Wa Minkumi ....!!
Minal Aidzin Wal faidzin….!!
Mohon Maaf Lahir dan Batin….!!

Simkuring saparakanca neda jembar pidu'a:
Wilujeng Boboran Shiam
1 Syawal 1428 H

Mugia urang aya dina tanggayungan Gusti Agung Anu Mangeranan Sadaya Alam. Atuh ku ayana poe anu Agem ieu mugia tiasa mengkeut tali silaturahmi urang balarea anu se,pet putus. Lain eta oge bangsa teu riweuh kunu hal-hal alit; netepkeun Idul Fitri anu sempet ngancam kasatuan nagara Indonesia. Amien

Cah Ah Baraya
Rampes

Cag Rampes, Pojok Kamar Merah-Biru, 11/10/07; 21.34 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 11/08/2007 01:46:00 PM   0 comments
Pribados

Name: ibn ghifarie
Home: Bungbulang Garut-Selatan (Garsel), Jawa Barat, Indonesia
About Me: Assalamu`alaikum Wr. Wb. Salam pangwanoh sikuring urang Kanangwesi Bungbulang Garut Selatan. Ayeuna, nuju milarian pangaweruh dipuseureun dayeun Kotakemang.Sasakali, nyerat, ngobrol, ngablog oge teu hilap. "Maka Ambillah Pena!!" Wassalamu`alaikum Wr. Wb.
See my complete profile
Paririmbon
Jang-Jawokan
Isian Wae Baraya

Ngahub Wae
Kana email: ibn_ghifarie@yahoo.com
Kampanye





© 2005 .:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:. Template by Isnaini Dot Com

"Baca, Tulis, Bergerak dan Lawan".
"Semoga segala hal yang berkenaan dengan keluh-kesah kita bermanfaat kelak dikemudian hari. Amien."

.:/Sejak 27 Juli 2006\:.