'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'-'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'

.:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:.

Mencoba Mengumpulkan Yang Terserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna,” Pramoedya Ananta Toer

 
Wilujeung Sumping Di Blog Alakadarna. Mangga Baraya Tiasa Nyerat, Nafsirkeun, Ngomentaran Dugikeun Milarian Jati Diri Sewang-Sewangan.
Bubuka Sajak Babaledogan Coretan Forum Sawala
Milarian Nyalira Wae

Kokolot Urang
Orhanisasi Baraya
Ormas Alot
Rerencangan
Tempat Nyiar Elmu
Tempat Curhat Abdi
Noong Warta
Ngintip Warta
Kaping Sabaraha Yeuh
Ngintip Baraya
free web counter
free web counter
Kampanye



KabarIndonesia



Suhuf (16)
Wednesday, April 02, 2008
Ayo Ngeblog; Kampanyekan Blogger Bukan Hacher
Oleh Ibn Ghifarie

Hampir sepekan ini perseteruan komunitas blogger dengan Roy Suryo terkait statement yang diucapkannya soal pelaku deface situs Depkominfo, kian tak menentu arah yang dibicarakanya. Betapak tidak, niatan baik sekaligus ajakan dari blogging melalui Presiden Blogger Indonesia Enda Nasution malah tak diindahkan.

Niat para blogger menggelar dialog tersebut adalah baik. “Hanya ingin tahu maksud pernyataan blogger yang dituduh Roy berada di balik serangan ke beberapa situs internet di Indonesia,” ungkap Enda kepada detikINET, Selasa (1/4/2008).

Seharusnya, Roy yang bertanggung jawab terhadap pernyataannya. Namun justru para blogger yang jadi repot meluruskan masalah. “Kita yang dituduh, kita yang dirugikan dan ‘dicemarkan’ namanya, kita juga yang harus mengundang Roy Suryo dan minta penjelasan,” keluh Enda.

Blogger, hanya ingin memperjelas siapa blogger yang dimaksudkan Roy dan apakah Roy mempunyai bukti dan dasar sehingga bisa menuduh seperti itu. “Soalnya ini berkaitan dengan penyidikan polisi, kan ada prosedurnya, ini artinya Roy melangkahi fungsi penyidikan,” jelasnya.

Tak hanya Enda, Riyogarta pun ikut menyuarakan gugatanya melalui ‘Surat Terbuka: Ajakan Dialog Terbuka Dengan Sdr. Roy Suryo’ Saya yakin Sdr. Roy Suryo sebagai orang yang sudah diakui pakar dalam bidang Teknologi Informasi bisa meluangkan waktu dan tempat untuk menerima ajakan dialog terbuka ini.

‘Saya yakin Sdr. Roy Suryo tidak akan mengatakan “tidak tahu” mengenai adanya ajakan dialog terbuka ini. Ajakan dialog terbuka saya posting melalui blog dan insya Allah akan tersebar dengan baik melalui search engine maupun dengan bantuan dari teman-teman melalui blog, milis dan media lainnya. Dengan demikian, saya yang tidak tahu cara menghubungi Anda bisa berharap Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan mudah dan cepat. Bukankah ini salah satu keahlian Anda? Mencari informasi mengenai diri Anda atau informasi lainnya di internet’.

Di tempat terpisah Roy menanggapi ajakan dialog itu, malah Emoh Dialog Maya. “Dengan sangat senang, yang disebut ‘Dialog Terbuka’ adalah diskusi secara nyata dan bertanggung jawab,” kata Roy Suryo dalam pesan singkatnya kepada okezone, Selasa (1/4/2008).Roy memastikan siap hadir dalam acara itu secara profesional seperti layaknya acara seminar. “Tolong mereka menyiapkan tempat umum yang ilmiah seperti kampus, diliput media, dan hadir secara nyata. Saya tidak melayani diskusi maya,” tegasnyaNah, bila tak ada ruang terbuka untuk berdialog antar kedua belah pihak tersebut.

Sejatinya kita ikut mengkampanyekan slogan Blogger Bukan Hecker oleh Tozie, salah satu pengurus Komunitas Blogger Garut. Menurutnya, hackers build things ; crackers break them. Blogger adalah orang yang menulis blog. Blog kependekan dari weblog adalah website yang masukannya ditata secara kronologis. Isi dari blog beragam sesuai dengan keinginan blogger pembuatnya. Belakangan kata blog menjadi kata kerja, to blog yang artinya mengelola isi blog. Seorang blogger tidak perlu mengerti tentang sistem operasi, jaringan dan keamanan komputer. Jadi nge-blog itu adalah positif, sangat-sangat positif.

Hacker pengertiannya positif, blogger juga. (Real) hacker tidak akan merusak suatu sistem, apalagi blogger. Kampanye lainya bias dilihat disini Dengan demikian, ngeblog petanda orang-orang yang mencoba mengikuti petuah beradab. Bukan biadab. Semoga. [Ibn Ghifarie]

Ayo Ngeblog, Ayo Ngoment Juga!!

Cag Rampes, Pojok Kumputer Ngeheng, 02/04/08;10.57 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 4/02/2008 04:10:00 AM   0 comments
Suhuf (15)
UIN SGD Bandung; Kukuhkan Dua Guru Besar
Oleh Ibn Ghifarie

Uiversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung mengukuhkan Dua Guru Besar Fakultas Ushuluddin dan Adab. Yakni Prof. Dr. H. Abdul Rozak, M.Ag dan Prof Achmad Sudja’I Selasa (1/04).

Upacara pengukuhan ini dimulai sekitar pukul 09.30 WIB di Auditorium dan langsung dipimpin oleh Rektor UIN SGD, Nanat Fatah Natsir melalui Rapat Sidang Senat terbuka. Menurutnya, UIN mengucapkan selamat atas pengukuhan Guru Besar ini. Tentunya, bertambah pula jumlah Profesor yang ada di kampus menjadi 27 orang. Kendati, hari sabtu berkurang satu karena telah pensiun, paparnya.

Selain itu Ia berpesan ‘Paling tidak bertambahny Guru Besar diharapkan bisa membawa perubahan kea rah yang lebih baik, terutama pada; Pertama, Tradisi nilai. Kedua, Pengembangan keilmuan dan Ketiga, bisa memberikan sosusi terhadap persoalan yang aktual, jelasnya. Prof Dr H Abdul Razak, M.Ag adalah Guru Besar dalam Sejarah Perkembangan Pemikiran dalam Islam (SPPI) Fakultas Ushuluddin.

Dalam pengukuhanya Ia membawakan pidato ‘Filsafat Ilmu Kalam’. Diungkapkanya, Ilmu Kalam adalah ilmu yang membahas aspek ketuhanan dan segala sesuatu yang berkenaanya secara rasional. Objek kajian teologi islam; permasalahan ketuhanan dan segala sesuatau yang berkaitanya. Metodologi Ilmu Kalam ini upaya memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah secara mendalam diikuti elaborasi dan fakta empirik, tegasnya.

Secara ilmiah teologi Islam dapat diklarifikasikan menjadi dua bagian, diantaranya; pertama, Teologi Islam Klasik Teoritik. Yakni satu disiplin ilmu yang hanya membahas secara teoritik sekitar aspek-aspek ketuhanan dan pelbagai kaitanya—telah dibicarakan oleh aliran teologi dalm Islam.

Kedua, Teologi Islam Kontemporer Praktik. Yaitu satu disiplin ilmu secara praktik membahas ayat-ayat Tuhan dan Sunnah Rasul-Nya yang nilai doktrinya mengadvokasi pelbagai ketimpangan social. Pada Teologi kontempoter ini dapat di bagi menjadi; Teologi Lingkungan, Teologi Pembebasan dan Teologi Sosial, jelasnya. Bila kita merunut keterlahiran Filsafat Islam tidak bias dipisahkan dari pengaruh Barat.

Dalam perkembanganya Teologi berpangkal dari; Pertama, sebagai Metodologi Teologi. Satu cara memahami doktrin Agama melalui pendekatan wahyu dan pemikiran rasionalnya. Kedua, menjadi Ilmu Teologi. Ilmu yang membahas masalah ketuhanan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan-Nya. Ketiga, menjadi Teologi Aksiologi. Upaya memahami doktrin Agama secara mendalam untuk mengadvokasi pelbagai permasalahan solial, kilahnya. Saat ditanya wilayah kajian Teologi Ia menuturkan ‘Mencakup aspek tokoh teologi, karya-karya, gagasan, sejarah perkembangan, pengaruh timbal baik dan perbandingan”

Prof Dr Achmad Sudja’I Guru Besar Fakultas Adab dan Humaniora. Pada saat pidatonya Ia memberikan petuah bertajuk ‘Fungsi Bahasa Dalam Memahami Al-Qur’an Tentang Leadership’.

Menurutnya, Upaya memahami dan memaknai ayat dalam Al-Qur’an harus memalui pendekatan kebudayaan (Arab) dan wahyu sambil menyetir satu ayat Q. S 43: 3 ‘Kami (Allah) telah menjadikannya Al-Qur’an dengan berbahasa Arab agar kamu berfikir’

Leadership dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan Khalifah. Tentu setiap diri adalah pemimpin. Namun, baginya kategori pemimpin itu harus mencakup; Amanah, Keadilan, Ketaatan dan Musyawarah, paparnya.

Satu hal yang lebih penting lagi dalam satu kepemimpinan. Seorang kepala harus manjadikan; Pertama, kholifah untuk melaksanakan aturan Allah SWT, mengadakan pembaruan dan penerus (pewaris). Kedua, harus memiliki sifat dan syarat Amanah, Adil dan Ulul Amri. Ketiga, Menghamba dan melaksanakan ajaran Allah SWT. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Auditorium 01/04/08;12.47 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 4/02/2008 04:08:00 AM   0 comments
Suhuf (14)
Dubes Iran Akan Resmikan Iran Corner di Ushuluddin
Oleh Ibn Ghifarie

Dalam waktu dekat Behrooz Kamal Vandi, Duta Besar (Dubes) Iran akan kunjungi Fakultas Ushuluddin sekaligus meresmikan Iran Corner pada acara puncak Dies Natalis UIN SGD Bandung Ke-40, demikian ungkap Dr Muchtar Sholihin, M.Ag disela-sela menerima kunjungan dari perwakilan Iran, senin (24/03) di Ruang kerja Dekan.

Upaya meningkatkan Center Of Akademik Reform Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung membuka kerjasama dengan pemerintahan Iran. Pasalnya, khazanah dan Filsafat Islam terlahir dari negara penganut Syiah, jelasnya.

Al-Ghazali, At-Thobari, Syariati. Tokoh-tokoh ini merupakan satu bukti maraknya pemikiran Isalm berasal dari Iran, tegasnya.

Saat ditanya mengenai Nota Kesepahaman dan Kerjasama Ilmu dan Budaya (MoU) antara UIN SGD Bandung dengan International Center For Islamic Studies Iran, Ia menuturkan Paling tidak kita kerjasama dalam bidang; Pertama Pendidikan, diantaranya; mewujudkan Twinning Program, pertukaran dosen, mengadakan programjangka pendek bagi dosen dan mahasiswa untuk program pascasarjana, mengundang para dosen sebagai pembimbing untuk penulisan dan desertasi.

Kedua Penelitian, mencangkup; mendirikan pusat-pusat penelitian bersama, melaksanakan penelitain bersama, membangun kerjasama penelitian dan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh kedua belah pihak.

Ketiga Kebudayaan, melingkupi; menciptakan keadaan kondusif untuk kegiatan budaya secara timbal balik, pertukaran informasi dan hasil riset dalam bidang kebudayaan kedua belah pihak, mengadakan pameran budaya bersama antar kedua belah pihak.

Keempat Komunikasi, diantaranya; pertukaran buku, penerbitan dokumen-domuken ilmiah dan menggunakan perpustakaan-perpustakaan serta pusat-pusat informasi kedua belah pihak.

Kehadiran kerjasama antara Iran dengan UIN SGD Bandung melalui Fakultas Ushuluddin ini tentu mendapatkan sambutan baik dari kalangan Civitas Akademik. Salah satunya Drs Wawan Hermawan, M.Ag Ketua Jurusan Perbandingan Agama menuturkan ‘Ini terobosan baru sekaligus langkah maju buat Fakultas Ushuluddin untuk tetap menggali khazanak islam yang mulai terkubur’

Kita selaku civitas akademik harus memberikan dorongan dan merespon dengan positik supaya cita-cita mulia itu segera tercapai. Bukan mempersoalkan apakan Ushuluuddin akan dijadikan Syiah? paparnya.

Selain membuka Iran Corner, Fakultas Ushuluddin juga pascaperesmiannya akan menyelenggarakan International Seminar Filsafat Islam dengan menghadirka nara sumber dari Iran langsung, Unpar, STT Driakara dan UIN SGD sendiri, tambah Gustiana Ph.D selaku Ketua Jurusan Aqidah Filsafat

Kegiatan ini merupakan program jangka pendek dari MoU dan semoga dapat dilaksanakan, harapnya [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Ushuluddin, 24/03/08;15.29 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 4/02/2008 04:05:00 AM   0 comments
Suhuf (13)
Rektor Lantik 4 Purek Periode 2008-2011
Oleh Ibn Ghifarie

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir melantik 4 orang Pembantu Rektor periode 2008-2011, yaitu: Prof. Dr. H. Nurul Aen, M.A. sebagai Purek I, Drs. H. Didi Mashudi, M.Ag. sebagai Purek II, Drs. H. Endin Nasruddin, M.Si. sebagai Purek III dan Dr. H. Muhammad Najib sebagai Purek IV.

Semula kedudukan Purek I dijabati oleh Prof. Dr. H. Rahmat Safei, Lc., Purek III Prof Dr. H. Nurul Aen, M.A. menjadi Purek I. juga posisi Purek II dan IV masih pengurusan masa jabatan 2003-2007.

Pelantikan itu berlangsung hari jumat (14/03) pukul 15.15 WIB di ruang sidang Gedung Al-Jamiah. Kendati saat pelantikan berlangsung, Aliansi Mahasiswa Bersatu (AMB) menggelar aksi demo di pelataran Gedung Rektorat, acara pelantikan itu tetap berlangsung dan berjalan lancar, tanpa gangguan yang berarti.

Dalam amanatnya Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, M.Si. mnyampaikan rasa terimakasih terhadap para Purek yang telah membantu dan sekaligus mewujudkan pengembangan UIN SGD Bandung kearah yang lebih baik lagi: “Saya ucapkan terimakasih yang mendalam bagi seluruh Purek yang telah berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan cita-cita UIN SGD bandung”.

Besar harapan saya bila salah seorang dari Purek yang tak lagi menjabat masih bisa memberikan masukan dan bantuan kepada kami, terutama dalam bidang Konsentrasi Hukum Islam, Ma’had Aly guna mewujudkan UIN SGD Bandung yang unggul dan Kompetitip, jelasnya. Jabatan adalah amanah dan kita harus menjalankan amanah itu sesuai dengan aturanya.

Saat ditanya soal jargon UIN SGD Bandung sebagai Kampus ‘unggulan dan kompetitip’ untuk periode 2008-2011. Rektor UIN menjelaskan Paling tidak ada 16 indikator dari keberhasilan selogan itu, diantaranya; Lulusan yang sesuai dengan kopentensinya, mahir dalam berbahasa (Arab, Inggris), Dosen sesuai dengan program studinya, pengadaan Leboratirium, komputerisasi dan berbasis online dalam proses belajar-mengajar, program Internasional, paparnya. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Ruang Sidang, 14/03/08;16.28 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 4/02/2008 04:03:00 AM   0 comments
Suhuf (12)
Kala Blogger ‘Tersandung’ UU ITE
Oleh Ibn Ghifarie

Di saat masyarakat Indonesia mulai melek internet. Apalagi pasca Pesta Blogger 2007 (27 Oktober 2007) komunitas blogger pun bermunculan di pelbagai daerah.

Kini, para penikmat sekaligus pemerhati media alternativ itu harus sedikit resah. Pasalnya, kemunculan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE) (klik link untuk membaca UU ITE) berakibat negatif terhadap para blogger dan hacker.


Blogger dan Hacker Negatif

Betapak tidak, Roy Surya selaku pakar telematika menuturkan “Meski demikian, ia mengingatkan bahwa meski telah memiliki undang-undang, yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan ada perlawanan dari para ’blogger’ dan ’hacker’ yang biasanya akan mengganggu sistem pemblokiran tersebut.” Seperti yang dilansir Kompas.

“Saya yakin para blogger dan hacker pasti akan melakukan serangan terhadap sistem itu. Tetapi, kemungkinan ancaman tersebut bukan berarti melemahkan niat pemerintah,” cetusnya.

Yang lebih mengeriakn lagi, Ia mengurai “Kelompok blogger dan hacker yang selalu bertindak negatif adalah pelakunya. Hal ini membuktikan, yang namanya blogger dan hacker Indonesia belum bisa mencerminkan citra positif” tegasnya kepada detikINET, Kamis (27/3).

Hacker atau Cracker
Bila mencermati pernyataan sikap orang nomer satu dalam bidang telematika itu, tentunya ada yang ganjil terhadap penamaan hacker. Pasalnya, di mata Romi Satria Wahono menuturkan ada perbedaan mendasar antara hacer dan cracker.

Tengok saja, tulisanya ‘Meluruskan Salah Kaprah Tentang Hacker’

hacker membangun banyak hal dan cracker merusaknya“. Hacker sejati adalah seorang programmer yang baik. Sesuatu yang sangat bodoh apabila ada orang atau kelompok yang mengklaim dirinya hacker tapi sama sekali tidak mengerti bagaimana membuat program. Sifat penting seorang hacker adalah senang berbagi, bukan berbagi tool exploit, tapi berbagi ilmu pengetahuan.

Pendek kata, Hacker sejati merupakan seorang penulis yang mampu memahami dan menulis artikel dalam bahasa Ibu dan bahasa Inggris dengan baik. Hacker adalah seorang nerd yang memiliki sikap (attitude) dasar yang baik, yang mau menghormati orang lain, menghormati orang yang menolongnya, dan menghormati orang yang telah memberinya ilmu, sarana atau peluang.

Adalah Pelaku carding (penyalahgunaan kartu kredit), phreaking, dan defacing bukanlah hacker tapi mereka adalah cracker. Inilah Satu bukti perilaku lalim dari pegiat maya.

Dalam menjalakan aksinya, para Hacker jarang memakai identitas dengan nickname, screenname atau handlename–yang lucu, konyol dan bodoh.

Bagi Eric S Raymond mengungkapkan “Menyembunyikan nama, sebenarnya hanyalah sebuah kenakalan, perilaku konyol yang menjadi ciri para cracker, warez d00dz dan para pecundang yang tak berani bertanggungjawab atas segala perbuatannya.

Dengan demikian hacker merupakan sebuah reputasi, mereka bangga dengan pekerjaan yang dilakukan dan ingin aktivitas itu diasosiasikan dengan nama mereka yang sebenarnya.

Hacker tidaklah harus orang komputer, karena konsep hacking adalah para pembelajar sejati, orang yang penuh antusias terhadap pekerjaannya dan tidak pernah menyerah karena gagal. Dan para hacker bisa muncul di bidang elektronika, mesin, arsitektur, ekonomi, politik, dsb.

Nah, bila perbuatan koyol yang dikategorikan oleh Roy Suryo, maka pantas sekaligus wajid di curigai para penggila cyber—termasuk di dalamnya blogger.

Jika yang hanya hacker sejati dan blogger bukan para pembohong belaka, maka sudah selayaknya kita tetap menghargai kejujuran dan iktiar kita untuk selalu menulis. Pasalnya, menulis merupakan petanda orang-orang yang mencoba beradab.

Kehadiran UU TIE pun berbanding lurus dengan kuatnya arus informasi supaya tetap menulis hal-hal yang bermakna sekaligus bermanfaat. Semoga. [Ibn Ghifarie]

Ayo Ngeblog, Ayo Ngoment Juga!!

Cag Rampes, Pojok Komputer Ngeheng, 27/03/08;15.57 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 4/02/2008 04:01:00 AM   1 comments
Suhuf (11)
Pemilihan SEMA Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Oleh Ibn Ghifarie

Pasca terbentuknya pemerintahan mahasiswa (Student Good Govermance) UIN SGD Bandung ala SEMA (Senat Mahasiswa) Fakultas Ushuluddin. Geliat kaum pelajar untuk mengikuti sekaligus memakai aturan SEMA mulai menamfakan diri.

Pada hari Senin (10/03) Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang di prakarsai oleh Pudek (Pembatu Dekan) III Ujang Saefullah menggelar pemilihan SEMA periode 2008-2009 di ruang Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Menurut informasi yang berhasil PusInfokomp himpun dari panitia penyelenggara menjelaskan “Dari 39 hak pilih Oki Sukirman (mahasiswa Jurnalistik) dapat mengalahkan Calon SEMA lainya; Amin Rais (mahasiswa Jurnalistik), Ai Rahmawati (mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam), R D Atus (mahasiswa Hubungan Masyarakat). Yakni dengan memperoleh 17 suara,” ungkapnya.

Posisi kedua diduduki oleh Ai Rahmawati yang memperoleh dukungan 16 suara, R D Atus 5 suara dan Amin 1 suara, jelasnya.

Meski satu calon Huduri (mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam) tak menghadiri acara pesta demokrasi mahasiswa itu, tetapi pemilihan tetap dilaksanakan, tegasnya.

Menanggapi sisitem pemilihan yang diwakilkan berdasarkan 7 suara untuk setiap jurusan. Yaitu 3 orang pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang terdisi dari Presma, Sekum dan Bendum dan 6 orang lagi perwakilan dari mahasiswanya.

Ia menuturkan ‘Ya ini memang sudah begini aturanya dan kita tinggal melaksanakan tata tertib saja”

Saat ditemui PusInfokom Ketua SEMA Fakultas Dakwah dan Komunikasi terpilih, Oki Sukirman beharap “Profelionalisme setiap jurusan lebih terarah lagi dan melahirkan puluhan penulis yang handal”, katanya.

Selain itu, Ia juga menambahkan “Kita akan coba menampung segala minat, asrirasi dan kreativitas mahasiswa yang tak tersalurkan”

Lain halnya dengan Alzy mahasiswa Pengembangan masyarakat Islam (PMI) ‘Semoga dengan adanya pemerintahan mahasiswa SEMA dapat membwa Fakultas Dakwah dan Komunikasi ke arah yang lebih baik dan profesionalisme jurusan sangat ditentukan bukan asal-asalan. Jika tidak, ya lihat saja nanti, cetusnya

Berbeda dengan Rifki mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam berharap “Mudah-mudahan pemimpin (Ketua SEMA-red) ini dapat menghargai keragaman pemikiran, perilaku dan pendapat mahasiswa”

“Karena bagi saya seorang pemimpin yang ideal itu tidak hanya dapat mengakomodir keinginan, asfirasi warganya, tapi lebih bagaimana cara menghargai pluralitas intelektualitas itu. Hal ini yang sangat susah”, [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Sekre Kere, 11/03/08;14.37 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 4/02/2008 03:58:00 AM   0 comments
Suhuf (10)
Pembaca Blog; Orang-Orang Bodoh, Bener Ga Nih?
Oleh Ibn Ghifarie

Tak biasanya aku ngenet pagi hari. Saat sang Raja Siang mulai menggeliat untuk menyinari penghuni bumi apalagi.

Namun, hari ini lain lagi ceritanya. Kuatnya dorongan untuk mengupdate blog dan mengirimkan tulisan ke beberapa temen-temen serta mengecek kiriman tulisan dari kawan yang berada di sebrang sana.

Kala, asyik publish post, baca-baca Harian Umum, ngintip tulisan terbaru di Ayongeblog. Tiba-tiba aku terdampar di postinganAnda Blogger? Suka Buka & Baca2 Blog? Berarti Anda Orang Bodoh & Pengecut…!!!’ karya hakimtea.

Ia menulis tentang hiruk-pikuk dunia cyber. Di mata Ahmad Dani, Internet adalah Dunia Orang Pengecut. “Apa, melihat dan buka-buka internet blog-blog itu orang kurang kerjaan. Jadi buat saya ngapain kita ngurusin orang kurang kerjaan gitu loh. Internet itu kan dunia, dunianya orang pengecut, jadi buat saya kalo ada buka blog-blog internet ya kurang kerjaan.”

“Yang baca orang-orang bodoh buat apa kita peduliin, iyakan? Orang bodoh tidak perlu dipedulikan, kalo kita memperdulikan orang bodoh berarti kita bodoh.”

Pendek kata, Orang yang buka blog dan internet kurang kerjaan! Juga pengecut! Yang baca blog dan internet orang bodoh! Orang bodoh gak usah dipeduliin.

Tak ayal pernyataan ini menuai pelbagai komentar dari komunitas sekaligus pegiat blogger. Salah satunya, hikimtea ‘Kalo perlu blogger semestinya bersatu dan membuat semacam “somasi” perkataannya sudah benar-benar menyinggung perasaan para Blogger (termasuk saya). Sebagai orang yang sudah dewasa, seharusnya dia mampu menjaga ucapannya (meski sedang dilanda banyak masalah) lagu2nyakan banyak yg bertema kedamaian, laskar cinta contohnya yg menyindir laskar jihadnya FPI.

Kalau dia ngajak “perang” para blogger mampu “berperang” dan saya yakin blogger yang akan memenangkan “peperangan” ini.

Lain lagi lagi Asep Saepudin menuturkan “Biarlah anjing menggonggong, kita - kafilah - akan tetap membuka internet dan menulis blog. Blogger akan tetap semangat!”

Yang lebih menarik lagi, bagi Awan Sundiawan menjelaskan ‘Pernyaataan tadi sepertinya Ahmad Dani sedang kesal kepada Maia akhirnya Dunia Maya pun (internet dan blogger juga kena hinaanya).

Apapun pernyataan Ahmad Dani itu tidak ditujukan kepada semua pengguna internet (blogger) tapi ditujukan kepada seseorang. Saya masih yakin tentang sebuah ajaran bahwa “Yang dihina belum tentu lebih hina dari yang menghina, yang menghina belum tentu lebih mulya daripada yang dihina”

Nah, kira-kira menurut rekan-rekan blogger gimana dan apa yang mesti kita lakukan untuk tetap menyuarakan pentingnya ngeblog?

Ayo Ngeblog, Ayo Ngoment Juga!! [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Kumputer Ngeheng, 26/03/08;08.34 wib

Labels:


Aos Salengkapna.....!
posted by ibn ghifarie @ 4/02/2008 03:54:00 AM   1 comments
Pribados

Name: ibn ghifarie
Home: Bungbulang Garut-Selatan (Garsel), Jawa Barat, Indonesia
About Me: Assalamu`alaikum Wr. Wb. Salam pangwanoh sikuring urang Kanangwesi Bungbulang Garut Selatan. Ayeuna, nuju milarian pangaweruh dipuseureun dayeun Kotakemang.Sasakali, nyerat, ngobrol, ngablog oge teu hilap. "Maka Ambillah Pena!!" Wassalamu`alaikum Wr. Wb.
See my complete profile
Paririmbon
Jang-Jawokan
Isian Wae Baraya

Ngahub Wae
Kana email: ibn_ghifarie@yahoo.com
Kampanye





© 2005 .:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:. Template by Isnaini Dot Com

"Baca, Tulis, Bergerak dan Lawan".
"Semoga segala hal yang berkenaan dengan keluh-kesah kita bermanfaat kelak dikemudian hari. Amien."

.:/Sejak 27 Juli 2006\:.