-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Goresan (18)

Thursday, August 31, 2006 | August 31, 2006 WIB Last Updated 2006-08-31T06:33:15Z
Boro-boro Komputerisasi.
Oleh Ibn Ghifarie


Membincang komputer sebagai kelengkapan administrasi. Apalagi pasca perubahan IAIN menjadi UIN kotak ajaib tersebut, seolah-olah menjadi keharusan supaya dengan mudah kita dalam mengetahui pelbagai informasi sekira kampus. Tentunya, bila di barengi dengan Internet. Mulai dari Indek Prestasi Kumulatif (IPK), Buku-buku baru atau Skripsi yang ada di perpuatakaan, agenda kegiatan; bayar regisrasi, Ta'aruf, Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (PCMB) sampai publikasi tulisan di forum diskusi UIN SGD.

Namun, harapan itu masih jauh tertinggal bagi mahasiswa. Kalaupun ada, semisal lahirnya sistem LAN antar jurusan dan fakultas. Nyatnya masih dinikmati oleh kalangan pejabat tertentu.

Lagi-lagi tetap saja generasi muda, tak dapat mempergunakan pasilitas tersebut. Terlebih lagi, sebagian besar kaum terdidik itu berasal dari desa. Sudah tentu, tingkat ekomoninya rendak dan gagap teknologi (Gaptek).

Dengan demikian, peralihan Institut menjadi Universitas boro-boro dibarengi dengan alat komputerisasi dalam pelbagai sektor. Malahan, kotak ajaib pun jarang dipakai. Entah, karena alasan inilah. itulah.

Ditambah lagi, dengan mentalitas kaum pinggiran yang sering ruang-riung dan tak mengenal teknologi tersebut. Sungguh lengkap sudah penderitaan yang di alami civitas akademik UIN SGD.

Meski begitu, kita hanya bisa berharap mudah-mudahan impian tersebut segera terwujud. Semoga [Ibn Ghifarie]


cag rampes, Pojok Sekre Kere 10/06;00.15 wib
×
Berita Terbaru Update