-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nukilan (7)

Thursday, September 14, 2006 | September 14, 2006 WIB Last Updated 2006-09-14T22:28:35Z
Indonesia Tak Lagi Merdeka
oleh Ibn Ghifarie


Quote:
Originally posted by mifka
Kolonialisme masih tetap hidup. Ia merasuki kita lewat kerkah kapitalisme. Ia bergerak seperti virus mematikan, menjajah nasib pengangguran, rakyat kecil dan lainnya...
Ia dikemas lewat budaya yang lezat untuk dikonsumsi.

Duh, setiap tahun kita dengar pidato Soekarno dan pembacaan proklamasi kemerdekaan...tetapi ternyata kita belum merdeka. Kapan kita seperti Iran yang punya presiden bengal?
Apa kau pikir Indonesia telah merdeka?
Jika kau mencintai bangsa ini, kau akan menjawab: belum! []

Meskipun, kita setiap tahun mendengar bahkan merayakan petuah suci Presiden RI ke-1. Nyatanya, kita tak bakal berkata merdeka. Pasalnya, secara legal kita telah lepas dari penjajahan tiranik ala Walanda dkk. Tapi kalu kita renungkan secara mendalam ternyata kita lagi terus di dera penindasan berwajah manis. Orang-orang kiri sering menyebutnya dengan sebutan neo-liberalisme.

Terlebih lagi, peperangan antar pemikiran lebih gans dan seru melanda zamrud katulistiwa ini. Orang-orang kanan sering memberikan label. Kini, kita sedang dilanda ghazul fikr oleh barat.

Adalah memenej kemauan supaya tidak ganas, berbuat liar dan banal apalagi. Disinilah makna terdalam dari sebuat kemerdekaan suatu bangsa. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok PusInfoKomp 03/09;04.12 wib
×
Berita Terbaru Update