-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Catatan (11)

Friday, October 06, 2006 | October 06, 2006 WIB Last Updated 2006-10-06T22:39:13Z
Taaruf;Bisnis Tahunan!
Oleh Ibn Ghifarie

Terseleggeranya Ta'aruf, Propesa (Program Pengenalan Studi dan Almamter di UIN Syarif Hidayatullah) atau OSPEK (Orientasi Pengenalan Kampus) di luar Perguruan Tinggi Agama Islam/swasta (PT AI/S) dari tahun ke tahun menjadi acara rutinitas belaka. Mulai dari Ta'aruf Universitas sampai Keluarga Besar Mahasiswa Universitas (KBMU) UIN SGD Bandung.

Perhelatan akbar itu, terkesan beralih fungsi. Alih-alih dalam rangka perkenalan ruang lingkup kampus. Natanya malah menjadi 'cerobong kaderisasi' satu kelompok atau golongan tertentu. Bahkan terkesan menjadi 'ajang bisnis tahunan'--meminjam istilah kawanku
Baginya, Ta'aruf bukan semata proses perkenalan saja, tapi 'bisnis menggiurkan' melalui pembayaran fasilitas ta'aruf pun acap kali menodai prinsip silaturahmi dan memperburuk citra mahasiswa.

Lepas dari benar atau tidaknya digelarnya hajatan akbar tersebut. Namun, yang jelas kegiatan itu membuat tanda tanya besar masyarakat kampus. Apalagi dengan tidak adanya upaya pempublikasian dan transfaransi alokasi dana via media atau tamplet. Sungguh lengkap sudah anggapan miring tentang kaum pelajar tersebut. Konon mereka selalu memperjuangkan kaum lemah. Nyatanya jauh dari kenyataan? entahlah..[ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok PusInfoKomp, 29/08;23.12 wib
×
Berita Terbaru Update