-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Catatan (3)

Friday, October 06, 2006 | October 06, 2006 WIB Last Updated 2006-10-06T22:23:04Z
Buah Peralihan Senat Mahasiswa Ke BEM Itu Bernama UKM
Oleh Ibn Ghifarie
Quote:
Originally posted by Yury
Ya terkecuali kalau di UIN SGD ini mau didirikan gerakan kepanduan lain yang AD/ART nya sama sekali baru dan berlainan dengan AD/ART Gerakan Pramuka. Perlu diketahui, bahwa Gerakan Pramuka Tidak selokal LPIK, LPB, SUAKA, dan UKM lainnya. Tidak Pula seperti UKM Bela diri yang dalam AD/ART nya bisa menerima jika dikatakan harus menginduk pada KBM.
Di tempat saya menimba ilmu sekarang saja, Pramuka sudah dijadikan sebagai Mata Kuliah dengan Bobot SKS yang cukup memberatkan. Sedang Pengorganisasiannya tidak ditangani oleh Keluarga Besar Mahasiswa, melainkan oleh Rektorat Langsung dengan Rektor sebagai Ketua Majelis Pembimbing.
Jadi, kayaknya kurang ngakademis

Seiring dengan perubahan SMI (Senat Mahasiswa Insitut) IAIN (d/h) menjadi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) UIN, tradisi lama pun diikuti dengan dengan lahirnya tradisi baru. Mulai dari penertiban administrasi, kode etik mahasiswa, diberlakukannya jam malam bagi aktivitas mahasiswa, pengalokasian pedagang, pembenahan laju keluar-masuk kendaraan bermotor, sampai kedudukan Pramuka di bawah KBMU (Keluarga Besar Mahasiswa Universitas). Lihat Berita Universitas "Angin Segar Pramuka" (www.uinsgd.ac.id)

Lain waktu, lain lagi penemuan, beda nama sudah tentu beda aturan main. Sekarang aturan KBM UIN tengah diberlakukan, sehingga posisi Pramuka pun sejajar dengan UKM lain.

Kini, keberadaan Pramuka pun berbanding lurus dengan LPIK (Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman). Begitupun dalam hal Mata Kuliah Pramuka yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa (luar UIN). Namun, bila di UIN hanya cukup mengikuti kegiatan 'Orientasi Perkenalan Pramuka', yang bebarapa hari baru saja digelar, maka telah dianggap mengikuti mata pelajarn tersebut. Pasalnya, acara orientasi itu, dianjurkan sebagai sebagai prasarat mengikuti (PPL) Praktek Kerja Lapangan yang di buktikan dengan sartifikat Pramuka, kata Lela Salamah Ketua Racana Putri Pramuka.

Singkat kata, posisi Pramuka pun bermuara pada KBMU.[Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok PusInfoKomp, 06/09;21.15 wib
×
Berita Terbaru Update