-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Guratan (6)

Thursday, October 05, 2006 | October 05, 2006 WIB Last Updated 2006-10-05T22:36:09Z
Lagi, Bentrokan Antar DPMU dan BEMU Pun Terjadi

Oleh Ibn Ghifarie


Lagi-lagi, gerakan mahasiswa tercoreng mukanya. Bila sepekan lalu kita di idangi dengan menu perkelahian antara HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) dengan anggota Palu Arit di kampus 3 Trisakti. Perseteruan itu berawal dari ucapan `Disini tak ada HMI,PMII,KAMMI, tapi yang ada Sosialis,`katanya.

Kini, peristiwa sama pun terjadi di UIN SGD Bandung (04/10). Terlebih lagi, perbuatan tak lazim itu dilakukan oleh Pemimpin mahasiswa dalam bingkai KBMU (Keluarga Besar Mahasiswa Universitas. Yakni antara Ketua DPMU (Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas) dengan Menteri Rumah Tangga BEMU (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas). Alih-alih Rapat Kordinasi (Rakor) antara DPMU dan BEMU tentang bajeting dana HMJ/UKM pun berbuntut ricuh.

Aneh memang. Perlakuan ganjil itu, bukan kali pertama. Sekira satu tahun kebelakang peristiwa yang sama pun terjadi. Betapa tidak pelakunya mereka para pemangku kekuasaan tertinggi kaum pelajar UIN.

Konon, adu tojos itu dipicu oleh salah satu orang pengurus BEMU yang mengeluarkan pertanyaan `Edek Rakor moal? Sia rumasa boga salah teu? upatnya.

Kontan saja, cetusan bernada bengis dan mememojokan itu membuat Ketua DPMU naik darah sambil melayangkan bogeman kepalan tangan ke pengupat tersebut. Tanpa ada komando perkelahian sengit tak terelakan lagi.

Sudah tentu dengan adanya perisitiwa memalukan itu, pergerakan mahasiwa tanggal ketaringannya. Pameo kaum intelektual sebagai agen pembaharu, pengayom kaum lemah, pengubah sosial dan selalu memperjuangkan kelompok pingiran pun raib entah kemana? Haruskah peristiwa Trisakti terjadi di UIN SGD Bandung? Entahlah......[Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Sekre Kere,05/10;19.35 wib
×
Berita Terbaru Update