'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'-'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'

.:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:.

Mencoba Mengumpulkan Yang Terserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna,” Pramoedya Ananta Toer

 
Wilujeung Sumping Di Blog Alakadarna. Mangga Baraya Tiasa Nyerat, Nafsirkeun, Ngomentaran Dugikeun Milarian Jati Diri Sewang-Sewangan.
Bubuka Sajak Babaledogan Coretan Forum Sawala
Milarian Nyalira Wae

Kokolot Urang
Orhanisasi Baraya
Ormas Alot
Rerencangan
Tempat Nyiar Elmu
Tempat Curhat Abdi
Noong Warta
Ngintip Warta
Kaping Sabaraha Yeuh
Ngintip Baraya
free web counter
free web counter
Kampanye



KabarIndonesia



Kitab (8)
Wednesday, February 07, 2007

Suratan Alam Buat Bang Yos

oleh Ibn Ghifarie

Sekali lagi Jakarta kecolongan, seakan-akan terseret dalam kubangan raksasa air yang tak berkesudahan dan tak kunjung membaik. Hujan adalah hujan dimanapun berada. Namun, berbeda pemandangnya bila musim penghujan tiba melanda Ibu kota. Seolah-olah hiruk pikuk wajah Metropolis berubah menjadi danau air.

Terlebih lagi, musibah naas itu, terjadi saat pemerintah berupaya membangun Proyek Banjir Kanal Barat, yang berhulu di Sungai Manggarai dan berhilir di Muara Angke, memang telah dibangun. Tentunya, menelan biaya yang cukup besar, hingga bernilai Rp 4,9 triliun.

Sejatinya Batavia terlepas dari terjangan air telah di peringatkan oleh BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) memasuki penghujan pada awal tahun 2007, tepatnya pada bulan Januari atau Februari insencitas curat hujan meningkat untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Untuk itu, pemerintah Provinsi memberlakukan sistem peringatan dini (Early Warning System) yang berfungsi untuk memberikan peringatan kepada warga yang tinggal dikawasan rawan banjir. Sehingga, pelaksanaan evakuasi dan pengiriman bantuan kepada warga korban banjir bisa teratasi.

Meski Sutioso, Gubernur DKI Jakarta di penghujung tahun 2006 (02/11) menepis anggapan bila musim hujan tiba, maka tidak serta merta siklus lima tahunan akan melanda Ibu Kota. Pasalnya, telah di bangun daerah hijau, serapan air dan Banjir Kanal.

Nyataanya berkata lain. Kini, banjir terus mengepung hampir seluruh wilayah kota, sehingga melumpuhkan kehidupan jantung peradaban yang mencapai kerugian 4,1 triliun rupiah (Metro 05/02).

Inilah ironi bangsa. Berulangkali, peristiwa serupa terjadi tahun 1996, 2002 atau lima tahun lalu. Hingga, beberapa warga kota menilai banjir kali ini lebih besar daripada banjir yang terjadi pada tahun 2002 silam.

Padahal Jakarta merupakan barometer Indonesia. Seolah-olah kita tak pernah tanggap terhadap persoalan banjir musiman tersebut. Maka wajar bila alam mulai enggan bersahabat dengan kita sekaligus menunjukan kekuatanya pada manusia. Pasalnya, mereka terlalu banyak di sakiti dan di eksploitasi oleh tangan manusia lalim.

Alih-alih pembanguna pun kian kerap kali tak ramah lingkungan. Terutama pada saat Bung Yos mendeklarasikan diri secara lantang dan percaya diri menyatakan bahwa banjir tahun 2002 tidak akan terulang lagi melanda daerah Jabodetabek.

Thus, inilah 'suratan alam' bagi Bung Yos di penghujung masa kepemimpinanya. Sebelum, senja kepengurusanya di peti keramatkan. Tak lain guna mengambil hikmah, alam bisa berubah menjadi ganas saat kita lupa padanya. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, pojok sekre Kere, 06/02;00. 23 wib

posted by ibn ghifarie @ 2/07/2007 02:20:00 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Pribados

Name: ibn ghifarie
Home: Bungbulang Garut-Selatan (Garsel), Jawa Barat, Indonesia
About Me: Assalamu`alaikum Wr. Wb. Salam pangwanoh sikuring urang Kanangwesi Bungbulang Garut Selatan. Ayeuna, nuju milarian pangaweruh dipuseureun dayeun Kotakemang.Sasakali, nyerat, ngobrol, ngablog oge teu hilap. "Maka Ambillah Pena!!" Wassalamu`alaikum Wr. Wb.
See my complete profile
Paririmbon
Jang-Jawokan
Isian Wae Baraya

Ngahub Wae
Kana email: ibn_ghifarie@yahoo.com
Kampanye





© 2005 .:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:. Template by Isnaini Dot Com

"Baca, Tulis, Bergerak dan Lawan".
"Semoga segala hal yang berkenaan dengan keluh-kesah kita bermanfaat kelak dikemudian hari. Amien."

.:/Sejak 27 Juli 2006\:.