-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Suhuf (8)

Thursday, March 06, 2008 | March 06, 2008 WIB Last Updated 2008-03-06T17:25:22Z
Berburu Lapak Dagangan
Oleh Ibn Ghifarie

Satu hari sebelum pelaksanaan Wisuda Ke-47 Uiniversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, sabtu 08 Maret 2008.

Kampus hijau mulai acak-acakan lagi. Semula tertata rapi. Kini, tempat parkir kendaraan saja dimana-mana dan seenaknya. Tumpukan besi dan tenda mulai didirikan disekitar Auditorium UIN SGD bandung guna menutupi teriknya matahari dan tempat duduk kelurga yang melihat prosesi anaknya di wisuda.

Para pedagang di daerah Gede Bage, Jatinangor dan lingkungan kampus sendiri mulai berburu sekaligus mematok lapak dengan tali erpin.

Tak ayal di sana-sini ruasan jalan dapat dipastikan ada benang rapia dan pasar kagen pun tak terekan lagi.

Salah satu pedagang, Babeh menuturkan, 'Aduh geus heurin jeung hese lapak yeuh. Padahal pan urang pedagang didieu. [Waduh sudah penuh dan nyari lapak juga susahnya minta ampun. Padahal kan saya pedagang asli sini], keluhnya.

Hal senada juga dikemukana oleh Asep, penjual baso tahu ‘Iya nih sudah penuh dan susah banget nyari lapak’

Saat ditanya kenapa harus terburu-buru dan mematok lapak, ia menjelaskan ‘Ya kalau bukan dari sekarang mau kapan lagi. Masa besok. Dapat dipastikan sudah tak bias berjualan.

Otomatis tak bisa memberikan nafkah pada keluarganya dan mau diberi makan apa besok, cetusnya.

Inilah pasar kaget 2 kali dalam satu tahun. Tentunya proses wisuda ini membawa berkah bagi para penjaja makanan. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Sekre Kere, 06/03/08;15.56 wib
×
Berita Terbaru Update