-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Suhuf (14)

Wednesday, April 02, 2008 | April 02, 2008 WIB Last Updated 2008-04-02T08:37:21Z
Dubes Iran Akan Resmikan Iran Corner di Ushuluddin
Oleh Ibn Ghifarie

Dalam waktu dekat Behrooz Kamal Vandi, Duta Besar (Dubes) Iran akan kunjungi Fakultas Ushuluddin sekaligus meresmikan Iran Corner pada acara puncak Dies Natalis UIN SGD Bandung Ke-40, demikian ungkap Dr Muchtar Sholihin, M.Ag disela-sela menerima kunjungan dari perwakilan Iran, senin (24/03) di Ruang kerja Dekan.

Upaya meningkatkan Center Of Akademik Reform Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung membuka kerjasama dengan pemerintahan Iran. Pasalnya, khazanah dan Filsafat Islam terlahir dari negara penganut Syiah, jelasnya.

Al-Ghazali, At-Thobari, Syariati. Tokoh-tokoh ini merupakan satu bukti maraknya pemikiran Isalm berasal dari Iran, tegasnya.

Saat ditanya mengenai Nota Kesepahaman dan Kerjasama Ilmu dan Budaya (MoU) antara UIN SGD Bandung dengan International Center For Islamic Studies Iran, Ia menuturkan Paling tidak kita kerjasama dalam bidang; Pertama Pendidikan, diantaranya; mewujudkan Twinning Program, pertukaran dosen, mengadakan programjangka pendek bagi dosen dan mahasiswa untuk program pascasarjana, mengundang para dosen sebagai pembimbing untuk penulisan dan desertasi.

Kedua Penelitian, mencangkup; mendirikan pusat-pusat penelitian bersama, melaksanakan penelitain bersama, membangun kerjasama penelitian dan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh kedua belah pihak.

Ketiga Kebudayaan, melingkupi; menciptakan keadaan kondusif untuk kegiatan budaya secara timbal balik, pertukaran informasi dan hasil riset dalam bidang kebudayaan kedua belah pihak, mengadakan pameran budaya bersama antar kedua belah pihak.

Keempat Komunikasi, diantaranya; pertukaran buku, penerbitan dokumen-domuken ilmiah dan menggunakan perpustakaan-perpustakaan serta pusat-pusat informasi kedua belah pihak.

Kehadiran kerjasama antara Iran dengan UIN SGD Bandung melalui Fakultas Ushuluddin ini tentu mendapatkan sambutan baik dari kalangan Civitas Akademik. Salah satunya Drs Wawan Hermawan, M.Ag Ketua Jurusan Perbandingan Agama menuturkan ‘Ini terobosan baru sekaligus langkah maju buat Fakultas Ushuluddin untuk tetap menggali khazanak islam yang mulai terkubur’

Kita selaku civitas akademik harus memberikan dorongan dan merespon dengan positik supaya cita-cita mulia itu segera tercapai. Bukan mempersoalkan apakan Ushuluuddin akan dijadikan Syiah? paparnya.

Selain membuka Iran Corner, Fakultas Ushuluddin juga pascaperesmiannya akan menyelenggarakan International Seminar Filsafat Islam dengan menghadirka nara sumber dari Iran langsung, Unpar, STT Driakara dan UIN SGD sendiri, tambah Gustiana Ph.D selaku Ketua Jurusan Aqidah Filsafat

Kegiatan ini merupakan program jangka pendek dari MoU dan semoga dapat dilaksanakan, harapnya [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Ushuluddin, 24/03/08;15.29 wib
×
Berita Terbaru Update