-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Coretan (9)

Wednesday, August 30, 2006 | August 30, 2006 WIB Last Updated 2006-08-31T00:22:18Z
Satu Atap Dua Fakultas Tanpa Kelas
Oleh Ibn Ghifarie

Ironis. Sungguh Ironis. Kata itu, mesti kita tetap dengungkan lagi manakala menilik perubahan IAIN menjadi UIN. Meskipun kedengarnya sudah usang dan klise. Namun, pertanyaan tersebut tetap kita layangkan dan cari jawabannya.

Bila dulu masih Insitut setiap Fakultas mempunyai gedung tersendiri dan ruangan proses belajar-mengajar. Kini, malah ada 'Satu Atap Dua Fakultas Tanpa Kelas'. Tengok saja, Fakultas Psikologi dan SainsTek.

Padahal, kedua fakultas tersebut merupakan bangunan lama (UKM; LPIK, PSTD, Pramuka, LPB, LSLK, Suaka d/h IAIN) yang di 'sulap' dan terkesan hanya 'ganti cesing' menjadi fakultas baru. Sungguh naif sekali. Perlengkapan belajar dalam mencerdaskan bangsa supaya 'unggul dalam intelektual dan anggun dalam moral' dengan negara-negara tetangga. Nyatanya masih jauh tertinggal.

Mestinya, pendirian Fakultas SainsTek dan Psikologi atau Jurusan Tasawuf Psikotrafi (TP) di lengkap dengan fasilitas Laboratorium. Sudah tentu, menjadi sarat mutlak bagi Fakultas SainTek dan jurusan TP. Jangankan berbicara ruang kuliah dan dosen berkualitas. Nyatanya, bangunan saja masih 'nebeng' dan terkesan memaksakan sekaligus menumbangkan kepentingan dalam meraih kata 'Uiniversitas'. Kasus serupapun menimpa Jurusan Sosiologi Agama (SA), hingga kini tak jelas keberadaannya. Alih-alih persiapan Fakultas Sosial Politik dan Ekonomi jurusan SA tak ada, malah yang ada jurusan Sosiologi saja. Lantas di manakah jurusan SAnya?

Aneh memang. Meski begitu, UIN tetap akan menjadi UIN. Tinggal bagaimana kita mengisi ke-UIN-an ini dengan hal-hal yang baik dan berguna. Apalagi berjalanan dengan selogan Uinversitas 'Wahyu Memandu Ilmu'. Adalah dengan belajar dan menggali keilmuan. Pasalnya ranah itu semakin terlupakan atau malah sengaja di lupakan oleh sebagian civitas akademik. Mahasiswa Apalagi. [Ibn Ghiarie]

Cag Rampes, Pojok Ruang Prodi 24/07;21.17 wib
×
Berita Terbaru Update