'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'-'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'

.:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:.

Mencoba Mengumpulkan Yang Terserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna,” Pramoedya Ananta Toer

 
Wilujeung Sumping Di Blog Alakadarna. Mangga Baraya Tiasa Nyerat, Nafsirkeun, Ngomentaran Dugikeun Milarian Jati Diri Sewang-Sewangan.
Bubuka Sajak Babaledogan Coretan Forum Sawala
Milarian Nyalira Wae

Kokolot Urang
Orhanisasi Baraya
Ormas Alot
Rerencangan
Tempat Nyiar Elmu
Tempat Curhat Abdi
Noong Warta
Ngintip Warta
Kaping Sabaraha Yeuh
Ngintip Baraya
free web counter
free web counter
Kampanye



KabarIndonesia



Coretan (15)
Wednesday, October 04, 2006
UIN SGD Bandung sebagai Alternative
published on 17 Juli 2006 | Berita Universitas--oleh Ibn Ghifarie

A.H Nasution-Alah hese geuning ngisi soal ujian teh, sugan teh di Perguruan Tinggi Islam (UIN SGD-red ) moal aya ngitung rumus sagala rupa, tapi nyatana aya oge”, demikian ungkap Ita Sumiati saat di temui PusInfoKom .

Image Pagi hari yang cerah itu, tak seperti hari-hari biasanya kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dibanjiri lautan manusia sekira 3000 orang. Pasalnya, mereka sedang mengikuti tes Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (PCMB). UIN SGD hari pertama (17/06) dengan materi tes Bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), Ilmu pengetahuan umum (MIPA; Matetatika, Fisika, Bilogi, Kimia, IPS; Geografi, Ekonomi) dan Ilmu Agama (Al-Qur’an, Hadits, Fiqh, Ushul Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam).

Di lain sisi, hari pertama masuk tahun ajaran 2006/2007 bagi kaum pelajar, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Namun, di sebagian perguruan tinggi belum terselengara proses belajar mengajar tahun ajaran baru. Salah satunya, UIN SGD yang sedang mengelar ujian tes masuk.

Seiring dengan perubahan IAIN menjadi UIN, model tes pun agak berbeda. Bila pada masa IAIN semua peserta merasa tergangu dengan suara bising keluar masuk kendaraan bermotor , karena tak ada area parkir khusus. Kini, hilir mudik kendaraan pun tak terdengar lagi. Sudah tentu, dapat menciptakan suasana ujian semakin nyaman. Meskipun, tak sedikit dari calon mahasiswa baru memanfaatkan suasana tenang nan adem itu, dengan perbuatan bermanfaat. Mulai dari, menghapal, membaca sampai berdiskusi.

Nyatanya, sebagian calon kaum pelajar, mereka malah asyik nongkrong-nongkrong sekitar teras ruang belajar mengajar di Fakultas (Ushuluddin, Syari’ah dan Hukum, Dakwah dan Komunikasi, Adab dan Humaniora), Kafetaria KOPMA, DPR (Di bawah Pohon Rindang) sampai-sampai ada sebagain peserta yang tak mempersiapkan sama sekali bahan-bahan ujian. Seperti yang diungkapkan oleh Rudi, Pria asal Medan “Ga ada persiapan sama sekali dalam menghadapi ujian tes UIN, soalanya aku mengikuti SPMB (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru)”, katanya.

“Harus ada persiapan mulai dari baca-baca soal ujian tahun kemarin, nanya-nanya pada kakaknya (kuliah di UIN-red), bulak-balik menghapal pelajaran dulu waktu masih di SMA (Sekolah Menengah Atas) sampai mengikuti BIMTES (Bimbingan Testing) dan TRIOUT yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kabupaten Bandung, kata salah satu peserta yang tak mau disebutkan namanmya.

Menyoal ketidaksiapan peserta dalam mengikuti tes masuk UIN SGD. Alih-alih perguruan tinggi islam sebagai pamungkas dan sambil menggu pembukaan SPMB. Ita, calon mahasiswa KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) pun angkat bicara, ‘Selain ikut ujian di sini (UIN-red) aku juga tes SPMB supaya dapat melanjutkan kuliah di UPI (Universitas Pendidikan Tinggi). Mesipun tak lulus di UPI, tapi masih bias belajar di UIN SGD. Mohon doanya semoga lulus, tegasnya.

‘Urang mah dari pada teu kuliah. Atuh-atuh bisa neruskeun di UIN SGD Bandung ge uyuhan. Caoba dari pada heunteu kuliah,’ ujar Dudi (bukan nama asli) saat di temui PusInfoKom.

Laih halnya dengan Rafi, Alumnus pesantren ternama di Garut menggapai persoalan itu, ‘Maenya Ana anu geus lila mondok di pasantren kudu ngapalkeun deui pelajaran agama lamun rek ujian UIN SGD. Lain duanana sarua ngaji bag-bagan agama,’ paparnya.

Pernyataan senada pun terlontar dari Yati mahasiswa Tasawuf Psikotrafi (TP) saat masuk UIN SGD tahun ajaran 2002/2003, ia menjelaskan ’Masa mesti menghapal lagi, bila masuk UIN SGD. Bukanya kita lama di pesantren,’ katanya.

Berbeda dengan Johan S. Kantara, aktivis gerakan mahasiswa ikut nimberung dalam permasalahan itu, manakala ia masuk UIN SGD tahun 2004/2005 memaparkan ‘Karena tak diterima di perguruan tinggi negeri ternama lewat SPMB, maka sebagai alternativnya saya mengukuti tes di UIN SGD, hingga lulus di jurusan Menejemen Keuangan Syariah (MKS),’ katanya

Lepas dari, ketidakjelasan motif masuk UIN SGD. Nyatanya, di sebagian masyarakat masih melekat beberapa pemahaman; bila masuk perguruan tinggi pavorit, maka jelas tinggi status sosialnya, menjamin masa depanya, dapat bekerja langsung dan kelulusannya pun lebih mudah diakses via SPMB dari pada PCMB. Padahal, hasil kelulusan SPMB diumumkan tanggal 20 Agustus mendatang. Sementara tes PCMB di UIN SGD tanggal 1 Agustus kelak. (Boelldzh)

Cag Rampes,Kafe Ushuluddin,17/06;11.12 wib
posted by ibn ghifarie @ 10/04/2006 04:11:00 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Pribados

Name: ibn ghifarie
Home: Bungbulang Garut-Selatan (Garsel), Jawa Barat, Indonesia
About Me: Assalamu`alaikum Wr. Wb. Salam pangwanoh sikuring urang Kanangwesi Bungbulang Garut Selatan. Ayeuna, nuju milarian pangaweruh dipuseureun dayeun Kotakemang.Sasakali, nyerat, ngobrol, ngablog oge teu hilap. "Maka Ambillah Pena!!" Wassalamu`alaikum Wr. Wb.
See my complete profile
Paririmbon
Jang-Jawokan
Isian Wae Baraya

Ngahub Wae
Kana email: ibn_ghifarie@yahoo.com
Kampanye





© 2005 .:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:. Template by Isnaini Dot Com

"Baca, Tulis, Bergerak dan Lawan".
"Semoga segala hal yang berkenaan dengan keluh-kesah kita bermanfaat kelak dikemudian hari. Amien."

.:/Sejak 27 Juli 2006\:.