-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wednesday, October 04, 2006 | October 04, 2006 WIB Last Updated 2006-10-04T07:39:02Z

Wisuda Surga Para Pengais Rezeki Aqua

oleh Ibn Ghifarie

Di tengah-tengah badai multi krisis dan ganasnya era globalisasi. Terlebih lagi, semakin terpuruk kondisi perekonomian bangsa Indonesia pasca krisis moneter. Tentunya sangat berdampak terhadap sebagian masyarakat kecil. Apalagi para pemulung. Mulai dari kenaikan BBM (Bahan Bakar Minimum), Listrik, Telpon, sampai minimnya pasokan beras, air. Jangankan untuk bisa bertahan satu hari saja. Pagi makan, terkadang malam tidak. Baru keesokan atau lusa hari mereka baru menemukan nasi tersebut. Itupun harus berjuang sekuat tenaga.

Meningkatnya pola hidup terkadangan membuat sebagian kaum pinggiran lupa diri, hingga mereka harus berani menanggalkan rasa malu, malas dan genggsi demi sesuap nasi.

Selain itu, mereka juga mesti rela menunggu berjam-jam di sekilar lokasi untuk mencari seongkok aqua, kardus ataupun makanan sisa. Tak lain, guna mempertahankan hidupnya.

Adalah wisuda di UIN SGD Bandung merupakan surga para pengais rezeki bermana aqua. Terkadang kita lupa pada mereka atau malah sengaja dilupakan. Padahal jelas-jelas mereka membutuhkan uluran tanagan kita.

Nyatanya, acara rutinan tersebut, tak hanya memberikan semangat dan nuansa baru bagi para wisudawan/wati semata. Namun, bagi sekumpulan para pengemis pun perhelatan akbar ini memberikan sepenggal harapan supaya bertahan di kejamnya dunia dan peliknya kehidupan.

Bila kita melupakan `sisi lain kemegahan wisuda` berarti kita sengaja memberikan peluang pada mereka untuk berbuat senonoh. Hingga berani dengan terang-terangan mereka melakukan perbutan tak terpuji bernama pencuri. Haruskah keceriaan dan sfirit berderma berakhir dibalik toga? Eh...eh...[Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Auditorium 16/09;14.32 wib

×
Berita Terbaru Update