'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'-'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'

.:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:.

Mencoba Mengumpulkan Yang Terserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna,” Pramoedya Ananta Toer

 
Wilujeung Sumping Di Blog Alakadarna. Mangga Baraya Tiasa Nyerat, Nafsirkeun, Ngomentaran Dugikeun Milarian Jati Diri Sewang-Sewangan.
Bubuka Sajak Babaledogan Coretan Forum Sawala
Milarian Nyalira Wae

Kokolot Urang
Orhanisasi Baraya
Ormas Alot
Rerencangan
Tempat Nyiar Elmu
Tempat Curhat Abdi
Noong Warta
Ngintip Warta
Kaping Sabaraha Yeuh
Ngintip Baraya
free web counter
free web counter
Kampanye



KabarIndonesia



Nukilan (17)
Wednesday, October 04, 2006

Oleh-oleh Isra Mikraj Itu Bernama Sholat

Oleh Ibn Ghifarie

HARI ini umat Islam di seluruh dunia memperingati Isra Mikraj. Yakni memperingati perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dari Masjidil Aqsa perjalanan kemudian dilanjutkan ke Sidratul Muntaha.
Perjalanan Nabi yang dilakukan sekitar 1385 tahun yang lalu itu masih relevan hingga hari ini. Relevan karena dari perjalanan itu, Nabi mendapatkan perintah Allah SWT agar kaum muslim menjalankan ibadah salat wajib, lima kali sehari. Dan perintah itu terus dijalankan kaum muslim di seluruh dunia hingga hari ini.

Memperingati Isra Mikraj adalah memperingati eksistensi salat. Itu bermakna memperingati sebuah ritual yang mengandung dua dimensi sekaligus. Yakni dimensi vertikal, hubungan manusia dengan sang Khalik atau hablum minallah dan dimensi horizontal, hubungan manusia dengan manusia atau hablum minannas.

Karena itu, adalah bijak bila pada setiap peringatan Isra Mikraj, kita memaknainya dengan melakukan introspeksi. Introspeksi mengenai sesuatu yang telah kita capai dalam menjalankan ibadah salat. Apakah salat kita telah berhasil membuat kita menjadi insan yang kian bertakwa terhadap Allah SWT? Apakah salat kita telah mampu membuat kita semakin peduli terhadap sesama? (Media Indonesia, 20/08).

Namun, sayang masih banyak sebagaian besar umat islam malah semarak dan terlena dengan pelbagai kegiatan ritual dalam menyambut hari yang mulia tersebut. Sebut saja dengan mengadakan perlombaan dan menggelar Tabligh Akbat dengan mengundang Dai kondang luar daerah bagi yang tinggal di pedesaan sebagai contoh. Bahkan yang lebih mengerikan lagi, ada sekelompok masyarakat memaknai peristiwa agung itu dengan tidak melaksanakan sholat secara formal (5 waktu), tapi cukup dengan niat semata. Pasalnya mereka berpendapat bahwa perjalanan dari masjid haram ke aqsa itu hanya membuahkan 'oleh-oleh' shalat semata.
Terlalu jauh, bila mestinya shalat dapat meningkatkan kesalehan kita kepada sang Khalik.

sudah tentu, kesalehan kita kepada sesama manusia dan mahluk Tuhan pun harus menjadi prioritas utama. Artinya peristiwa Isra Mikraj itu mengajarkan kita tentang upaya menciptakan keseimbangan di antara kedua kesolehan tersebut.

Dengan demikian, wajar bila acapkali bangsa indonesia ini terus-terusan di timpa musibah. Mulai dari gempa dan Tsunami jilid I di Aceh dan sekitarnya (26/12/04) sampai jilid II di Pangandaran dan sekiratnya (17/06/06). Meskipun sebagain besar penduduknya beragama islam. Bisa saja, peringatan 27 Rajab itu atau akrab dengan sebutan Rajaban, hanya sebatas khazanah islam klasik yang tersimpan di ruang perpustakan. Di tambah lagi, dengan adanya prinsip ’buah tangan’ kalau suka kita makan dan nikmati, tapi bila tidak suka, maka kita tinggalkan secara bersama-sama. Begitupun dalam meyambut Isra Mikjar. Ya salah siapa memaknai rajaban itu hanya menghasilkan shalat saja. Entahlah [Ibn ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Kamar Sepi, 20/08;21.24 wib

posted by ibn ghifarie @ 10/04/2006 03:40:00 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Pribados

Name: ibn ghifarie
Home: Bungbulang Garut-Selatan (Garsel), Jawa Barat, Indonesia
About Me: Assalamu`alaikum Wr. Wb. Salam pangwanoh sikuring urang Kanangwesi Bungbulang Garut Selatan. Ayeuna, nuju milarian pangaweruh dipuseureun dayeun Kotakemang.Sasakali, nyerat, ngobrol, ngablog oge teu hilap. "Maka Ambillah Pena!!" Wassalamu`alaikum Wr. Wb.
See my complete profile
Paririmbon
Jang-Jawokan
Isian Wae Baraya

Ngahub Wae
Kana email: ibn_ghifarie@yahoo.com
Kampanye





© 2005 .:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:. Template by Isnaini Dot Com

"Baca, Tulis, Bergerak dan Lawan".
"Semoga segala hal yang berkenaan dengan keluh-kesah kita bermanfaat kelak dikemudian hari. Amien."

.:/Sejak 27 Juli 2006\:.