'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'-'Sampurasun Baraya Ibn Ghifarie Area Alakadarisme'

.:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:.

Mencoba Mengumpulkan Yang Terserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna,” Pramoedya Ananta Toer

 
Wilujeung Sumping Di Blog Alakadarna. Mangga Baraya Tiasa Nyerat, Nafsirkeun, Ngomentaran Dugikeun Milarian Jati Diri Sewang-Sewangan.
Bubuka Sajak Babaledogan Coretan Forum Sawala
Milarian Nyalira Wae

Kokolot Urang
Orhanisasi Baraya
Ormas Alot
Rerencangan
Tempat Nyiar Elmu
Tempat Curhat Abdi
Noong Warta
Ngintip Warta
Kaping Sabaraha Yeuh
Ngintip Baraya
free web counter
free web counter
Kampanye



KabarIndonesia



Suhuf (17)
Thursday, May 15, 2008
70 Pendaftar Mahasiswa Baru di Hari Pertama Jalur PPA
Oleh Ibn Ghifarie

“Sebanyak 70 sisiwa/siswi dari daerah Jawa Barat dan Banten yang mendaftarkan diri pada hari pertama saat dibukanya seleksi Penerimaan Mahasiswa melalui jalur Penelitian Prestasi Akademik (PPA),” demikian dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Akademik UIN SGD Bandung, Drs Mumuh Mukhsin kepada Pusinfokomp di ruang kerjanya.

Lebih jauh Mumuh menjelaskan, Jalur PPA ini dimaksudkan pada upaya penjaringan calon mahasiswa unggul dari lulusan Sekolah Menengah Umum/Madrasah Aliyah dan Keagamaan yang diperkirakan akan dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan hasil yang lebih baik dalam waktu yang telah ditetapkan, ujarnya.

Adapun persaratannya, sebagai berikut: Pertama, Lulusan MA, MAK, dan SMU tahun pelajaran 2007/2008 yang selama sekolah tidak pernah tinggal kelas, tidak pernah mendapat angka dibawah 6 setiap semester dengan rata-rata nilai raport 7 setiap semester;Kedua, Pada semester 1 kelas 12 menduduki peringkat/rangking 1 s.d. 10 di kelasnya.

Ketiga, Bagi yang memilih Fakultas Tarbiyah & Keguruan program studi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan Fakultas Sains & Teknologi Program Studi Teknik Informatika, Teknik Elektro, Pertanian, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, diutamakan Lulusan MA/SMU Jurusan IPA;

Keempat, Lancar membaca dan menulis al-Qur’an dan Hadits;Kelima, Mengisi formulir yang disediakan dengan melampirkan (masing-masing rangkap dua) :

- Foto Copy Kartu UAN yang dilegalisir dengan menunjukkan aslinya.- Foto Copy Raport setiap semester dengan menunjukkan aslinya. - Pas foto 2 x 3 sebanyak 3 lembar (ditempel pada kolom yang tersedia).- Membayar uang pendaftaran/formulir dan ujian/test Rp. 150.000,- Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dan Buku Panduan Rp. 25.000,-. - Seluruh persyaratan dimasukkan dalam Map.

Saat ditanya soal perbandingan jumlah pendaftar dari tahun ke tahun dihari pertama, Ia menjelaskan “Untuk tahun sekarang (ajaran 2008-2009) berjumlah 70 orang. Sedangkan tahun kemarin (ajaran 2007-2008) sebanyak 30 orang. Jadi perbedaanya sangat pesat sekali” tegasnya.

Keberhalisan jumlah pendaftar yang pantastis itu, tak bisa dilepaskan dari peranan media baik cetak maupun elektronik dalam mempromosikan UIN SGD Bandung, jelasnya.Selain itu, pengiriman brosur dan perwakilan sekolah yang ada disekitar Jawa Barat dan Banten pun menjadi penunjang keberhasilah tersebut, ungkapnya.

Berkenaan dengan pelaksanaan seleksi ujian melalui jalur PPA ini, Mumuh menegaskan, Seleksi PPA dilakukan dalam 2 tahap; Tahap pertama. Yakni Seleksi prakualifikasi administrasi akademik. Hasil Seleksi tahap I diumumkan pada tanggal 26 Mei 2008. Peserta yang masuk nominasi dalam pengumuman hasil seleksi tahap ini berhak mengikuti wawancara, kepadanya diberikan Kartu Tanda Peserta untuk mengikuti Wawancara/Test PPA.

Tahap kedua Wawancara/Test Lisan. Yaitu Peserta yang berhak mengikuti tahap ini adalah calon peserta yang masuk nominasi pada seleksi tahap I dan memiliki Tanda Peserta Wawancara/Test PPA,” katanya.

Ujian masuk PPA ini akan berlangsung pada tanggal 3 Juni 2008, di Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan materi yang akan di test terdiri dari : (1) kefasihan membaca Al-Qur’an dan Al-Hadits; (2) kemampuan menulis ayat Al-Qur’an dan al-Hadits; (3) kemampuan mengaplikasikan pada akhlak dan pengamalan ibadah sehari-hari.Pengumuman Kelulusan Test PPA akan diumumkan pada tanggal 12 Juni 2008. Kepada Peserta yang lulus diberikan Surat Keterangan Lulus Test PPA mulai tanggal 12-13 Juni 2008.

Menyoal minat jurusan yang sering dijadikan pilihan pertama adalah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Hal ini menurut Mumuh, dikarenakan pemahaman di masyarakat bahwa sekolah tinggi itu untuk menjadi guru. Anu digugu jeung ditiru, ujarnya

Kendati setiap Fakultas mempunyai jurusan yang dijagokannya. Seperti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI); Fakultas Ushuluddin jurusan Tafsir Hadits; Fakultas Dakwah dan Komunikasi jurusan Jurnalistik; Fakultas Syar’iah dan Hukum jurusan Mu’amalah dan Ilmu Hukum; Fakultas Sains dan Teknologi jurusan Tekhnik Informatika; Fakultas Adab dan Humaniora jurusan Sastra Inggris dan Fakultas Psikologi jurusan Psikologi, kilahnya.

Hal senada diungkapkan oleh salah satu peserta pendaftar yang enggan disebutkan namanya. “Saya pingin masuk jurusan PAI, karena guru dikampung halamanku sangat kurang. Makanya ingin menjadi guru dan kehormatan guru sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat,” cetusnya. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Komputer Ngaheng, 12/05/08;14.23 WIB

Labels:

posted by ibn ghifarie @ 5/15/2008 01:43:00 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Pribados

Name: ibn ghifarie
Home: Bungbulang Garut-Selatan (Garsel), Jawa Barat, Indonesia
About Me: Assalamu`alaikum Wr. Wb. Salam pangwanoh sikuring urang Kanangwesi Bungbulang Garut Selatan. Ayeuna, nuju milarian pangaweruh dipuseureun dayeun Kotakemang.Sasakali, nyerat, ngobrol, ngablog oge teu hilap. "Maka Ambillah Pena!!" Wassalamu`alaikum Wr. Wb.
See my complete profile
Paririmbon
Jang-Jawokan
Isian Wae Baraya

Ngahub Wae
Kana email: ibn_ghifarie@yahoo.com
Kampanye





© 2005 .:/ Ghifarie Area Alakadarisme!! \:. Template by Isnaini Dot Com

"Baca, Tulis, Bergerak dan Lawan".
"Semoga segala hal yang berkenaan dengan keluh-kesah kita bermanfaat kelak dikemudian hari. Amien."

.:/Sejak 27 Juli 2006\:.